Pemko Padangsidimpuan Gelar Bursa Inovasi Desa

/ Sabtu, 19 Oktober 2019 / 21.28.00 WIB
Ket Foto : TPID Kecamatan Se Kota Padangsidimpuan foto bersama usai acara di Aula SMK N 1 Padangsidimpuan Sabtu (19/10).POSKOTA/BERMAWI

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN - Bursa inovasi desa adalah ajang pertukaran inovasi desa, sehingga memacu kreativitas kreativitas masyarakat desa. Dari ajang bursa inovasi desa ini nantinya diharapkan komitmen-komitmen dan ide-ide yang telah dituliskan di kartu ide dan komitmen bisa direalisasikan dan direplikasi di APBDes 2020, sehingga dari ide ide kreatif ini dapat menambah ekonomi masyarakat dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Demikian disampaikan Ketua Pantia yang juga Ketua TPID Kec.Padangsidimpuan Angkola Julu, Asrul Ardiansyah saat  memberi sambutan pada Bursa Inovasi Desa Kota Padangsidimpuan  tahun 2019 di Aula  SMK Negeri 1 Padangsidimpuan  Jalan Sutan Soripada Mulia, Sabtu  19  Oktober  2019.

Sementara  Walikota  Padangsidimpuan Irsan Efendi Naaution,SH  yang diwakili Kadis PMD Kota Padamgsidimpuam Syafaruddin Harahap,S.Sos menyampaikan kepada TPID Kecamatan untuk menggali potensi bernilai ekonomis yang ada di desa kita masing-masing untuk dikembangkan serta tingkatkan produktifitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di desa, untuk melakukan inovasi dalam praktek pembangunan yang ada di desa.
Hal tersebut disampaikan Syafaruddin Harahap, ketika membuka Bursa Inovasi Desa Program Inovasi Desa (PID) Kota Padangsidimpuan tahun 2019  bertempat di Aula SMK N 1 Padangsidimpuan Sabtu  (19/10).

Bursa Inovasi Desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di Desa-Desa di 4 Kecamatan Se- Kota Padangsidimpuan. Bursa Inovasi ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Model Pengelolaan Inovasi di Tingkat Kabupaten/Kota.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa hal mendasar dalam rancang bangun Program Inovasi Desa (PID) adalah inovasi/kebaruan dalam praktik pembangunan dan pertukaran pengetahuan. PID juga memberikan perhatian terhadap dukungan teknis dari penyedia jasa teknis secara profesional.

“Dua unsur tersebut diyakini akan memberikan kontribusi signifikan terhadap investasi desa, yaitu pemenuhan kebutuhan masyarakat melalui pembangunan yang didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa), khususnya Dana Desa (DD),” tuturnya.
Ia juga mengatakan agar aparatur desa dapat membaca peluang yang bisa dibuat di desanya, kebutuhan apa saja yang harus dilengkapi, untuk dapat membuat inovasi demi kesejahteraan warga desanya.
“Contoh inovasi desa dengan membuat Badan Usaha Milik Desa (BUMdes), atau membuat apa.saja yang bisa diunggulkan di desa masing masing.

Syafaruddin  juga menekankan kepada para pendamping desa, untuk gemar membaca dan bisa melihat hasil yang telah dilakukan desa-desa yang sukses di wilayah indonesia ini, untuk dapat diterapkan di desanya masing-masing nantinya.
“Diharapkan dengan adanya Bursa Inovasi Desa ini, dapat memberikan ide, gagasan, dan terobosan serta inovasi yang bisa kita terapkan, sehingga memberikan manfaat dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Padangsidimpuan  menuju Sidimpuan bersinar,” tutupnya.

Ketua TPID Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Martuani Siregar bersama, Ketua TPID Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu Asrul Ardiansyah, Ketia TPID Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Mahdi Harahap, Ketua TPID Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara RizKi  berharap dengn pelaksanaan bursa Inovasi desa Tingkat Kota Padangsidimpuan dapat meningkat SDM TPID Kecamatan. Dan kiranya TPID Kecamatan Se- Kota Padangsidimpuan dapat belerjasama dalam.meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir dalam acara Bursa Inovasi  Desa Tingkat Kota Padangsidimpuan 
KPW Wilayah Provinsi Sumatera Utara Saidal Hadamean Pane, Walikota Padangsidimpuan yang diwakili Kadis PMD Kota Padangsidimpuan Syafaruddin Harahap,S.Sos, OPD di jajaran Pemko Padangsidimpuan, Kepala Desa Se Kota Padangsidimpuan, TPID 4 Kecamatan, BPD,Tokoh maayarakat,Tim Inovasi Kota,Tenaga Ahli, dan undangan lainnya.
( PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: