Bom Kembali di Ledakkan Tim Gabungan Densus 88 AT Mabes Polri

/ Kamis, 21 November 2019 / 16.57.00 WIB
Ket Foto:Tim Gabungan Densus 88 AT Mabes Polri saat mempersiapkan BOM yang akan di ledakkan.(POSKOTA/RIADI)

POSKOTASUMATERA.COM-HAMPARAN PERAK-Tim gabungan Densus 88 Anti-teror dan Polda Sumut kembali memusnahkan rangkaian bom dan bahan peledak yang masih terkait jaringan bom bunuh diri yang dilakukan Rabbial Muslim Nasution (RMN) di Mapolretabes Medan.

Pemusnahan kali ini dilakukan Subden Jibom Gegana Brimob Polda Sumut di kawasan Hamparan Perak, tepatnya di Desa Klumpang Kebun, Hamparan Perak, Kamis (21/11/2019) pagi.


Kasubden Jibom Gegana Brimob Polda Sumut, AKP Daud Pelawi menjelaskan pemusnahan dilakukan dengan mencerai beraikan komponen bahan peledak tersebut. “Yang kita laksanakan tadi adalah pendistraktorat. Ini beda yang kemarin kita lakukan disposal, kita hancurkan. Ini kita cerai beraikan. Maka hasilnya, ini ada casing, kabel switch dan inisiatornya. Ini isiannya, ada paku, lengkap,” ujarnya kepada wartawan.

Daud mengatakan jenis bom yang dicerai beraikan kali ini adalah bom jenis kaleng dengan menggunakan kaleng kemasan. “Bom ini ditemukan di tambak atas nama Hasbilah Desa Sicanang Kering Sicanang Belawan,” ungkapnya.


Saat ditemukan posisi bom disembunyikan di dalam tanah, sekitar 30 sampai 40 cm. “Jarak dari rumah tempat disembunyikan bom, kebetulan kita yang mendampingi, sekitar 100 meter,” jelasnya.

Soal rincian jumlah bom, Daud enggan menyebutkan. Alasannya, pihaknya hanya diminta untuk melumpuhkan rangkaian bom tersebut. “Kita hanya diberikan bom untuk penanganan, untuk penjinakan saja. Jumlahnya nanti kita tidak menerima barang bukti, hanya bersifat bomnya saja untuk kita amankan,” akunya.

Namun, kekuatan bom tersebut, dijelaskannya berdasarkan rangkaian yang digunakan, memiliki daya ledak rendah. “Ini bahannya dampak bom low explosive, tapi dampaknya bukan bicara high atau low, tapi jumlah besarnya ledakan” tegasnya.

Daud menuturkan tindakan kali ini berbeda dengan disposal, pemusnahan dengan cara diledakkan terhadap dua bom aktif yang ditemukan dari pengeledahan ditambak Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan. Disposal tersebut dilakukan di lahan Perkebunan PTPN ll Helvetia, Jalan Sei Bederah Jatian, Pasar III Lori, Dusun 20, Desa Klumpang Kebon, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli serdang, Senin (18/11/2019) lalu.(PS/RIADI)
Komentar Anda

Terkini: