Bupati Tapanuli Selatan H.Syahrul.M.Pasaribu : Melalui Hari Jadi Tapsel Ke-69, Mari Kita Bangun Tapsel Dengan Bekerja Ikhlas dan Tuntas

/ Minggu, 24 November 2019 / 17.18.00 WIB

POSKOTASUMATERA. COM-TAPSEL - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Syahrul M Pasaribu, SH mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan untuk dapat bekerja dengan ikhlas dan tuntas demi terwujud masyarakat Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera. Hal itu disampaikannya pada saat menjadi pembina upacara pada puncak peringatan hari jadi Kabupaten Tapanuli Selatan ke-69 Tahun 2019, di lapangan Parade Perkantoran Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan, Jalan Prof Lafran Pane, Sipirok, Minggu (24/11/2019).

Dalam sambutannya Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu, SH mengatakan, bahwasanya setiap pemimpin dan pemerintahan punya masanya untuk berbakti, berbuat dengan bekerja keras serta bertekad untuk membangun daerahnya kearah yang lebih baik demi mencapai kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tapsel yang berkeadilan.

Oleh karena itu, tugas kita sekarang adalah melanjutkan perjuangan tersebut agar karya bakti kita semua bermanfaat bagi masyarakat. "Ayo bangun Tapanuli Selatan yang sehat, cerdas dan sejahtera" hendaknya bukan retorika dan slogan tanpa makna tetapi ini menjadi ajakan dan tekad kuat kita untuk dapat bertindak dan bereaksi secara nyata

Bagi jajaran birokrasi pemerintah ini menjadi pendorong dalam mewujudkan pemerintah yang efektif pemerintahan yang memenuhi semboyan ketika rakyat bertanya mampu kita jawab dan ketika rakyat meminta mampu kita layani, sesuai motto kita songon siapa sampagul, rap tu ginjang rap tu toru, mula malamun saulak lalu, molo mangulang rap margulu. Sahata saoloan, na sapangambe sapanaili.

Namun, untuk mencapai output yang lebih baik seluruh pemangku kepentingan harus senantiasa bergandeng tangan secara bersama-sama dan bekerja keras, bekerja iklas, dan bekerja tuntas. Dalam arti, berat sama dipikul ringan sama dijinjing.

"Insya Allah dengan modal kebersamaan cita-cita mewujudkan Kabupaten Tapanuli Selatan yang sehat,cerdas, dan sejahtera dalam bingkai "Baldathun Thoyyibathun Warobbun Ghofuur" akan terwujud," katanya.

Bupati juga menyinggung bahwasanya Tapanuli Selatan dalam sistem pengelolaan anggaran daerah telah menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut dari BPK-RI.

"Tercapainya WTP lima kali berturut-turut tidak terlepas daripada dukungan semua komponen daerah mulai dari Pemkab, DPRD, Forkopimda serta semua pihak yang menggunakan anggaran Tapanuli Selatan," sebutnya.   

Demikian juga dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang sudah didepan mata sesungguhnya Tapanuli Selatan telah mempersiapkan diri sesuai visi dan misi yang sejalan dengan tema Hari Jadi Tapanuli Selatan yang sehat, cerdas, dan sejahtera menciptakan manusia unggul, Indonesia maju.

"Tapanuli Selatan dalam visi misi sehat, cerdas, dan sejahtera telah menuangkan dalam rencana pembangunan daerah jangka menengah daerah (RPJMD) periode 2016 - 2021 sebuah program yang disiapkan untuk melangkah dan menghadapi segala perkembangan di era industri 4.0 dan bonus demografi," jelasnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Makruf Amin juga telah menetapkan arah pembangunan Indonesia lima tahun kedepan dengan lima program utama yang dicanangkan untuk terwujudnya SDM yang unggul Indonesia maju.

Yakni pembangunan SDM, Infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transpormasi ekonomi, yang mana kelima arah kebijakan nasional ini kata Bupati memiliki arah yang sama dengan visi misi Tapanuli Selatan.

"Oleh karenanya program pembangunan Tapanuli Selatan yang dilaksanakan berdasarkan RPJMD atau garis besar haluan Kabupaten selama kurun tiga tahun terakhir tinggal melakukan peningkatan pada beberapa sektor saja," katanya.

Sehingga paling lambat tahun depan (2020) perwujduan Tapanuli Selatan sehat, cerdas, dan sejahtera sudah memberi sumbangsih yang sangat besar bagi cita-cita sumber daya manusia unggul Indonesia maju sesuai yang dicanangkan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Makruf untuk periode 2019-2024.

Usai upacara, Bupati Tapsel bersama unsur Forkopimda beserta undangan lainnya melakukan pelepasan burung merpati yang merupakan simbol kedamaian dan kebersamaan.

Hadir pada upacara Ketua Komisi Kejaksaan RI Barita Simanjuntak, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Sekretaris Komisi Kejaksaan RI Tiyas Widiarto, Ketua Majelis Wali Amanat USU Panusunan Pasaribu, Wakil Rektor USU Prof. Mahyuddin Nasution, unsur Forkopimda, Wakil Bupati Tapsel Aswin Efendi Siregar, Wakil Wali Kota Padangsidimpuan Arwin Siregar, Wakil Bupati Labusel, mewakil Bupati Palas, Paluta, Madina, Tapteng dan Sibolga, para Pimpinan dan anggota DPRD Tapsel, anggota DPRD Provsu Syamsul Qamar, Sekda Tapsel Parulian Nasution, Ketua TP PKK Kab. Tapsel Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu, para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, Kabag, Camat se-Tapsel, mewakili Direktur Bank Sumut, Direksi PT. ANJ, OKP dan Ormas. (PS/BERMAWl)
Komentar Anda

Terkini: