Diduga Lalai Dalam Pengiriman Data Penerima Rastra, Masyarakat Desa Hilibanua Merasa Dirugikan

/ Sabtu, 23 November 2019 / 09.19.00 WIB
Masyarakat Desa Hilibanua Yang Pernah Mendapat Raskin, Namun Tidak Lagi Mendapat Rastra. POSKOTA/TIAN

POSKOTASUMATERA.COM - NIAS UTARA - Masyarakat Desa Hilibanua Kecamatan Namehalu Esiwa Kabupaten Nias Utara merasa sangat kecewa dan merasa dirugikan dengan munculnya nama - nama penerima Rastra dari Dinas Sosial Kabupaten Nias Utara.

Sesuai Data yang keluar dari Dinas Sosial kepada Pemerintahan Desa pada 21 November 2019 lalu, ternyata nama -nama Penerima Rastra Desa Hilibanua tersebut, banyak keluarga PNS, juga yang tidak ada di Desa atau telah pindah dan meninggal dunia.

Saat Masyarajat Desa Hilibanua datang menemui Kepala Desa (Kades) Hilibanua di kantornya, guna mempertanyakan kenapa tidak mendapatkan Rastra, sementara sebelumnya sudah memiliki Kartu Raskin, Kades Hilibanua menjawab tidak tau dan mengatakan, jika itu data lama. 

Dan ironisnya, dengan nada enteng Kades Hilibanua juga mengatakan kepada masyarakat, jika masyarakat tidak senang, bisa pindah Desa; siapa tau kelak mendapat Rastra.

"Tidak tau, ini data lama. Kalau kalian tidak senang, kalian bisa pindah, siapa tau kalian mendapat kelak", sebut Kades.

Salah satu warga Desa Hilibanua Inisial SH, Jumat (22/11/2019) kepada Wartawan mengatakan, bahwa sebelumnya Ia pernah mendapat Kartu Raskin. Namun sekarang tidak mendapat Kartu Rastra, sehingg melahirkan pertanyaan dalam benaknya, ada apa dengan Pemerintahan Desa Hilibanua.

"Kami merasa sangat dirugikan atas kelalaian Pemerintahan Desa Hilibanua. Ini bisa jadi ada unsur kesengajaan Pemerintahan Desa", ucap SH.

Seorang Netizen bernama Finsesius Lahagu yang juga adalah Operator Desa Hilibanua, dalam Postingan Akun Facebook Kristian terkait Rastra tersebut mengatakan, tunggu Bulan Fbruari 2020 mendatang, karna terlambat mengejar pengiriman data pada Bulan Agustus lalu.

"Kita tunggu Bulan Februari 2020, karena Kita terlambat mengejar pengiriman data pada Bulan Agustus lalu", tulisnya dalam Akun Facebook tersebut. 

Masyarakat Desa Hilibanua Kecamatan Namehalu Esiwa Kabupaten Nias Utara berharap, agar kekecewaaan ini dapat di perjelas oleh Dinas terkait dan juga Pemerintahan Desa.

Hingga berita ini diterbitkan, Kades Hilibanua belum dapat ditemui Awak Media guna kepentingan konfirmasi. Hal yang sama juga ditemui Wartawan saat menemui pihak terkait Dinas Sosial Kabupaten Nias Utara, tidak berad ditempat. Dan sat dihubungi Via HP masih diluar jangkauan. (PS/TIAN)

Komentar Anda

Terkini: