Hari Kedua Pendaftaran Panwascam di Kabupaten Tapanuli Selatan Sudah 20 Orang Mendaftar

/ Kamis, 28 November 2019 / 17.19.00 WIB

POSKOTASUMATERA. COM-TAPSEL-Warga masyarakat Tapsel yang mendaftarkan diri menjadi panitia pengawas kecamatan untuk Pemilu 2020 di Kantor Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan, Kamis (28/11/2019) sudah mencapai 20 prang.
Ketua Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan DR.SL.Simbolon, M.Ag, mengatakan, antusias warga untuk menjadi pengawas dalam Pemilu 2020 sangat tinggi.

"Dibuktikan dengan hari kedua pendaftaran, sudah ada 20 orang yang datang mendaftar dan mengembalikan formulir pendaftaran," jelasnya, Kamis  (28/11/2019).

Ia menjelaskan  proses perekrutan di Bawaslu Tapsel  sesuai Undang-Undang dan memiliki standart operational system.

Ia menambahkan, syarat yang tidak bisa ditawar yaitu harus menguasai regulasi menjadi pengawas dalam Pilkada 2020 dan memiliki integritas.
 Misalnya saja orang tersebut sudah memiliki pengalaman menjadi pengawas Pemilu, maka kita akan cari tahu track recordnya," terangnya.

Setelah tahap pemberkasan, lanjutnya, masyarakat bisa memberikan masukan kepada Bawaslu terkait kelayakan calon Panwascam, namun hal tersebut akan dibuktikan saat proses wawancara.
Lanjutnya, dalam proses wawancara tersebut untuk melihat penguasaan materi pengawasan dan integritas seseorang.

"Jika dalam wawancara tersebut, ternyata menurut penilaian tidak bagus perilakunya saat menjadi pengawas sebelumnya dan dinyatakan tidak memiliki integritas, maka kami berhak tidak meloloskan," terangnya.

Ia menjelaskan Bawaslu Tapsel membutuhkan minimal pengawas kecamatan di 15 Kecamatan Se- Kabupaten Tapanuli Selatan.

Beliau  menambahkan, jika jumlah  pelamar tersebut tidak terpenuhi di  15 kecamatan Kabupaten Tapsel, maka waktu pendaftaran akan diperpanjang.

"Pendaftaran menjadi Panwascam ini dari 27 November hingga 3 Desember 2019," jelasnya.( PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: