Pokja 1 Provinsi Sumatera Utara : " Desa Sinyior Layak Menjadi Juara"

/ Rabu, 06 November 2019 / 08.41.00 WIB
Ket Foto:Ketua TP PKK Kabupaten Tapanuli Selatan Ny. Syaufia Lina Syahrul M.Pasaribu,SH memberikan kata sambutan di halaman kantor Desa Sinyior, Selasa (5/11/2019).POSKOTA/BERMAWI

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL - Tim Monitoring dari Pokja Satu Provinsi Sumatera Utara melakukan Evaluasi di Desa Sinyior Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan, yang bertempat di halaman kantor Desa Sinyior, Selasa (5/11/2019).

Kunjungan evaluasi tersebut adalah dalam rangka melakukan penilaian terhadap Desa Sinyior yang telah berhasil menjadi Finalis 6 besar di Tingkat Provinsi Sumatera Utara Kategori PAAR (Pola Asuh Anak Remaja) penuh cinta dan kasih sayang setelah pada awal agustus lalu dilakukan monitoring di Desa tersebut.

Tim penilai yang terdiri dari Ketua Pokja satu Provinsi Sumatera Utara Ny. Bidasari Daulay dengan anggota Tim Ny. Yuliana Marpaung sesaat setelah sampai di lokasi langsung mengunjungi Rumah Kreatif Anak Desa Sinyior.

Ny. Bidasari Daulay saat membacakan sambutan Ketua TP.PKK Provinsi Sumatera Utara Ny. Nawal Edy Rahmayadi Lubis mengatakan bahwa evaluasi yang dilakukan hari ini merupakan hasil monitoring yang terlebih dahulu dilakukan beberapa waktu lalu yang hari ini menghasilkan finalis 6 desa dari 6 Kabupaten di Tingkat Provinsi Sumatera Utara.
Dalam enam besar  ini Kabupaten Tapanuli Selatan akan bersaing dengan lima Kabupaten lainnya di Sumatera Utara yaitu Kabupaten Padang Lawas Utara, Asahan, Batubara, Nias Utara dan Toba Samosir dalam memperebutkan juara.

Selanjutnya dikatakan Ketua Pokja satu PKK Sumut, untuk masuk 6 besar bukanlah pekerjaan yang mudah. Hasil kerja keras yang selama ini dilaksanakan mulai dari tahapan monitoring sampai pada tahap evaluasi sudah menampakkan hasil. Tentu kami juga berharap Desa Sinyior bisa menjadi juara di Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang selanjutnya bisa mewakili  Sumatera Utara ke Tingkat Nasional, "tuturnya.

Selanjutnya tim penilai juga mengapresiasi pertunjukan fragmen/drama binaan PKK Kabupaten Tapanuli Selatan bekerjasama dengan P2TP2A Kabupaten Tapanuli Selatan yang pertunjukannya secara tidak langsung menyampaikan pesan tentang apa sebenarnya PAAR itu  kepada masyarakat.
Apalagi ada tadi saya dengar istilah "Saanak Saboru" yang merupakan kearifan lokal masyarakat desa sinyior yang kira-kira artinya "anak siapapun merupakan anak kita juga".

Sementara Ny. Yuliana Marpaung saat memberikan penilaian sempat meneteskan airmata karena merasa terharu dan bahagia atas semua yang telah disampaikan pada saat monitoring bulan agustus yang lalu ditindaklanjuti oleh seluruh elemen masyarakat desa sinyior yaitu diantaranya dengan melakukan sosialisasi melalui media lagu dan drama yang sangat mengedukasi bagi Pola asuh anak. Begitu juga dengan buku saku, papan himbauan dan rumah kreatif yang mengarah kepada edukasi Pola Asuh Anak dan Remaja. Mudah -mudahan Desa Sinyior bisa keluar menjadi juara,"harapnya.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Tapanuli Selatan Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu mengucapkan terimakasih kepada Tim Evaluasi yang sudah turun dan menetapkan Desa Sinyior masuk enam besar. Syaufia juga berpesan  agar semua yang hadir bisa turut serta dalam upaya menyelamatkan anak-anak kita dari kenakalan remaja. Dikatakan Syaufia Binaan ini akan terus berlanjut Sampai kami tinggal kan Kabupaten Tapanuli Selatan.

Sementara Bupati Tapanuli Selatan H Syahrul M Pasaribu SH dalam sambutannya yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tapanuli Selatan Dra. Tiorisma Damayanti berharap dengan kedatangan Tim penilai merupakan evaluasi komitmen kepala daerah dan komitmen pemerintah provinsi dan pusat dalam mewujudkan program nasional serta visi misi bupati dalam menjadikan generasi Kabupaten Tapanuli Selatan yang sehat dan cerdas. Kami yakin mampu dan sanggup menjadikan Desa Sinyior untuk mewakili Sumatera Utara di kancah Nasional, " tegas Tiorisma.

Sisi lain, Camat Angkola Selatan Dody Kurniawan SAP MM saat memberikan sambutan mengucapkan selamat datang di Desa Sinyior.  Dikatakan Dody, segenap Pemerintah Kecamatan Angkola Selatan akan terus melaksanakan program PAAR tidak sampai disini saja tetapi tetap terus berlanjut. Kami bersyukur bisa masuk 6 besar dan berharap Desa Sinyior bisa menjadi juara 1 dan mewakili  Provinsi Sumatera Utara di Tingkat Nasional,"harapnya.

Acara kunjungan Evaluasi tersebut turut juga dihadiri sejumlah pimpinan OPD Tapsel, Camat Sayurmatinggi, Ketua Karang Taruna, Muspika Kecamatan, Ketua TP PKK Angkola Selatan Ny. Ery Silvana Dody Kurniawan, KNPI, Pemuda Pancasila, BKMT, Dasawisma, dan Kepala Desa/Lurah PKK se-Kecamatan Angkola Selatan.
( PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: