Tingkatkan Keluarga Sejahtera, Pemkab Tapsel Melalui DP2PA Gelar Puspaga

/ Jumat, 29 November 2019 / 15.17.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) menggelar Sosialisasi Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) di Aula Bappeda Kantor Bappeda, Jalan Prof Lafran Pane, Sipirok, Jum'at (29/11/2019).

Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu, SH dalam sambutannya mengatakan, keluarga sejahtera merupakan keluarga yang harmonis yang ditandai dengan hubungan yang serasi antar seluruh anggota keluarga, baik ayah, ibu, anak atau seluruh anggota keluarga lainnya didalam rumah tangga.

“ PUSPAGA diharapkan dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kemampuan dalam mengasuh dan melindungi anak, serta menjadi rujukan dalam pendidikan kesehatan bagi anak, guna menunjang tumbuh kembang anak secara optimal,” ujar Bupati.

Syahrul juga mengatakan, perhatian keluarga pada masa perkembangan anak menjadi faktor yang sangat penting, baik itu, dari segi Fisik, Mental, maupun Sosial anak.

“ Tentunya melalui pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan peran dan kesadaran kita semua, khususnya para orang tua akan pentingnya perhatian kita pada masa perkembangan anak,” harap Syahrul.

“Saya berharap melalui puspaga dapat menjadi solusi dalam berbagai persoalan yang timbul ditengah masyarakat, yang disebabkan oleh karena pengasuhan atau perlakuan yang salah dalam keluarga, lingkungan rumah, lingkungan sekolah, lingkungan pergaulan dan lingkungan pada lembaga pengasuhan alternatif,” harap Bupati dua periode pilihan rakyat ini.

Sebelumnya Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tiorisma Damayanti dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang layanan puspaga dalam upaya pencegahan dan penanganan terhadap perempuan dan anak korban kekerasan serta adanya komitmen bersama untuk melakukan upaya pencegahan kekerasan pada perempuan dan anak, jelas Tiorisma.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 (satu) hari pada tanggal 29 Nopember 2019, yang diikuti 50 orang peserta terdiri dari OPD dan Camat se-Kabupaten Tapsel, pengurus TP PKK Kab. Tapsel, DWP Kab. Tapsel, Ketua TP PKK Kecamatan se-Kab. Tapsel, Ketua BKMT, Ketua GOW dan Ketua LPPLU. Dengan narasumber Kepala bidang pemenuhan hak anak pada DP2PA Provsu Dra. Marhamah, M.Si.

Hadir pada pembukaan tersebut, Wabup Tapsel Aswin Efendi Siregar, Sekda Tapsel Parulian Nasution, para Asisten dan Staf Ahli Bupati. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: