Dirut PT.Bank Sumut Sebut Penting nya Peran Wartawan Dalam Perbankan

/ Minggu, 29 Desember 2019 / 00.45.00 WIB
Ket Gambar;Dirut PT Bank Sumut M Budi Utomo (tengah), Ketua PWI Sumut Hermansjah, Sekretaris Edward Thahir, Wakil Ketua Bidang Organisasi Khairul Muslim dan Wakil Ketua Bidang Pendidikan Rizal Rudi Surya saat membuka acara(POSKOTA/SAUFI)

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Direktur Utama PT Bank Sumatra Utara (Sumut),Muchammad Budi Utomo membuka langsung Ujian calon anggota muda dan anggota biasa Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara Tahun 2019 di Ballroom Lt.10 Gedung PT Bank Sumut,Sabtu,(28/12/2019).

Muchammad Budi Utomo memaparkan sambutan,sebelumnya mengucapkan berterimakasih telah dipercayai untuk membuka kegiatan ujian calon anggota PWI dan bertepat di aula kantor kami.

"Bagi kami ini merupakan suatu kebahagiaan. Karna kita melihat ada kesamaan dengan bankers dengan wartawan" .Ucap orang nomor satu Direktur Utama PT Bank Sumut,Muchammad Budi Utomo.


Wartawan itu atau jurnalis harus selain fokus dalam  bidang nya juga harus dibekali ilmu perbankan.Dikarenakan betapa penting nya suatu pemberitaan,namun  terutama dijudul juga harus disesuaikan agar tidak dapat memicu sensitif dipublik dan ditengah masyarakat".Sebut Muchammad Budi Utomo

Menurutnya,bahwa betapa penting nya peran media  wartawan (pers) dalam perbankan khususnya bagi PT.Bank Sumut .

Komunikasi yang lancar,efektif dan efisien membutuhkan peran serta dari media massa dari rekan rekan wartawan atau jurnalis sebagai institusi yang memiliki tugas untuk membuat berita dan informasi yang obyektif yang bermanfaat bagi masyarakat.Ujar Dirut Bank Sumut.

Ya,selamat kepada yang mengikuti Ujian Bagi Peserta Ujian PWI kiranya dapat lulus semua nya dan apa yang kita harapkan di kegiatan ini dapat terealisasi dan terwujud.


Ketua panitia Ujian PWI dan juga merupakan Wakabid Organisasi Khairul Muslim juga  memberikan paparan mengenai Peraturan Dasar (PD) dan Peraturan Rumah Tangga (PRT) PWI hal itu penting sebagai calon anggota wajib tahu mengapa harus masuk organisasi, termasuk juga soal Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

Sedangkan Wakabid Pendidikan Rizal Rudi Surya akan menjabarkan mengenai soal Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA) sejalan dengan ketentuan yang digariskan Dewan Pers agar wartawan melindungi anak saat yang berangkutan terlibat atau jadi korban tindakan kriminal. Dimana anak dalam ketentuan UU RI NOMOR 35 TAHUN 2014 Tentang Perubahan Atas Nomor 23 TAHUN 2002 Tentang perlindungan anak Harus mendapat perlindungan masa depannya, sehingga pers berkewajiban memberikan perlindungan antara lain, menutup informasi terkait anak berusia maksimal 18 tahun dalam tiap pemberitaan di media massa/Online maupun Televisi(Elektronik).

Ketua PWI Sumut H. Hermansjah SE menegaskan di era 4.0 wartawan harus berubah, wartawan harus tahu UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan kode etik. Ini menjadi tuntutan karena ini profesi jadi sebagai wartawan harus paham kode etik jurnalistik.

Kata dia lagi, tentu akan menjadi bagian penting bagi anggota, sebagai suatu oraganisasi profesi dibuat tempat terhormat dari Bank Sumut patut diapresiasi.

Acara pembukaan Ujian PWI berthema,mewujudkan Kompetisi,solidaritas dan soliditas profesi turut dihadiriin langsung ,Ketua PWI Sumut,H.Hermansjah didampingi Sekretaris  Edward Thaher, Wakil Ketua Bidang Organisasi Khairul Muslim, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Rizal R Surya Wakil Sekretaris Rifki Warisan, dan Ahli pers  dan diiringi Doa, oleh Rivai parianduri S.Ag.

Pantauan bahwa yang mengikuti ujian Calon PWI Anggota muda dan anggota Biasa PWI Sumut,65 anggota muda dan 13 anggota biasa yang mengikuti ujian.(PS/SAUFI).
Komentar Anda

Terkini: