Karang Taruna Diharapkan Mampu Menggerakkan Desa

/ Sabtu, 14 Desember 2019 / 10.05.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM - MEDAN – Karang Taruna selaku organisasi yang diisi para pemuda diharapkan menjadi garda terdepan yang mampu menggerakkan dan membawa inovasi di desa. Apalagi saat ini merupakan era revolusi industri 4.0, kemudahan untuk berkreativitas dan akses informasi terbuka lebar, tidak hanya di perkotaan tetapi juga di tingkat desa.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah pada acara Bulan Bhakti Karang Taruna ke-59 Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019, di Aula Raja Inal Siregar, Lantai 2, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro No 30 Medan, Jumat (13/12). Tema yang diangkat yakni Satukan Kreasi, SDM Unggul, Kreatif dan Berjiwa Sosial.

“Saat ini kesempatan untuk sukses itu terbuka lebar, tidak hanya di kota tetapi juga di desa. Kuncinya adalah peka dengan perubahan dan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini. Saya harap, mental-mental seperti ini dibangun dalam Karang Taruna dan membawa lebih banyak lagi manfaat di tengah masyarakat,” tutur Wagub.


Selain itu, Karang Taruna juga diharapkan menjadi mitra yang mampu menghubungkan pemerintah dengan masyarakat. Hal ini karena Karang Taruna merupakan organisasi yang sangat dekat dengan masyarakat, tentu memudahkan dalam menjembatani komunikasi dan sosialisasi program pemerintah.

Wagub juga mengucapkan selamat atas peringatan Bulan Bhakti Karang Taruna yang telah memasuki usia ke-59 tahun. Apresiasi pun diutarakan Wagub atas kiprah Karang Taruna, baik di desa, kabupaten/kota, dan provinsi yang telah menjadi wadah positif bagi pengembangan pemuda dan memberi manfaat bagi masyarakat banyak.

Sebelumnya, Ketua DPD Karang Taruna Sumut Dedi Dermawan Milaya menyampaikan, pemuda Karang Taruna menjadi basis yang mampu menggerakkan desa. Di era globalisasi yang sarat dengan persaingan, pemuda Karang Taruna diminta mampu membekali diri dengan berbagai kemampuan.

“Sehingga, bisa menciptakan kesempatan-kesempatan dan kemajuan di desa. Bukan malah pindah ke kota, tetapi justru menciptakan peluang di desa. Sebagai informasi Pak Wagub, kita di Karang Taruna senantiasa berupaya adaptasi dengan teknologi saat ini. Untuk itu, kita menciptakan Harmoni Desa yakni sistem informasi integrasi data desa dalam bentuk web,” katanya.


Kepala Biro Sosial dan Kesejahteraan Setdaprov Sumut Muhammad Yusuf selaku ketua panitia pelaksana menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan Peringatan Hari Bulan Bhakti Karang Taruna Provinsi Sumut Tahun 2019 adalah untuk memotivasi setiap generasi muda warga Karang Taruna untuk menjadi perekat persatuan dalam keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kemudian, mewujudkan kesejahteraan sosial yang semakin meningkat bagi generasi muda di desa/kelurahan maupun di kota.

“Jumlah peserta hari ini sekitar seribu orang yang berasal dari kabupaten/kota se Sumut. Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan yakni pemberian penghargaan Karang Taruna teladan atau berprestasi, bakti sosial, dan penyerahan bantuan kepada Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan Kelompok Usaha Bersama (Kube) Karang Taruna,” jelasnya.

Adapun jenis-jenis bantuan yang diberikan yakni mesin kompressor, alat panggangan kue atau oven, alat kelengkapan pertanian, dan mesin jahit. Saat itu, dilakukan juga penyerahan penghargaan “Aditya Karya Mahatva Yodha” kepada Ketua TP PKK selaku mitra Karang Taruna bidang kesejahteraan sosial.

Salah satu penerima “Aditya Karya Mahatva Yodha” adalah TP PKK Sumut yang diterima Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah. Kemudian, TP PKK Medan, Tapanuli Selatan, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Deliserdang. Selanjutnya, 42 kepala desa, lurah, dan camat dari kabupaten/kota juga menerima penghargaan “Aditya Karya Mahatva Yodha” kategori pembina teladan.

Berikutnya, diumumkan pemenang Pekerja Sosial Sasyarakat (PSM) Teladan dan Karang Taruna Teladan tingkat provinsi Sumut. Teladan I, II, III PSM Sumut berturut-turut yakni Sri Rahmadani dari Deliserdang, Ahmad Alinapia Harahap dari Padangsidimpuan, Ahmad Ganti dari Asahan. Karang Taruna Teladan I, II, III berturut-turut yakni Karang Taruna Kelurahan Tangkahan Medan, Karang Taruna Desa Batu Tunggal Labuhanbatu Utara, Karang Taruna Desa Pangaribuan Kabupaten Tapanuli Selatan.

Seluruh penghargaan diserahkan Wagub Musa Rajekshah dan diakhiri dengan foto bersama. Turut hadir dalam acara Bulan Bhakti Karang Taruna ke-59 Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 yakni mewakili unsur Forkopimda Sumut, mewakili bupati/walikota se Sumut, Ketua TP PKK kabupaten/kota, mewakili OPD dan BUMD Provinsi Sumut, pengurus Karang Taruna Provinsi Sumut, lurah/kepala desa, dan camat yang hadir, serta ketua, pengurus dan anggota Karang Taruna kabupaten/kota.(PS/DIAN)
Komentar Anda

Terkini: