Puluhan Nelayan Ambai Menuntut Ganti Rugi pada Pelindo 1 Terkena Dampak Reklamasi

/ Jumat, 27 Desember 2019 / 11.32.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - BELAWAN - Puluhan nelayan ambai yang dirugikan akibat dampak dari reklamasi yang dilakukan Pelindo I Belawan, menuntut ganti rugi akibat terganggunya hasil tangkapan mereka.

Reklamasi yang dilakukan Pelindo I Belawan telah berlangsung sejak 2 tahun yang lalu. Reklamasi tersebut rencananya untuk perluasan dan perpanjangan dermaga BICT. Panjang reklamasi yang dilakukan Pelindo 1 Belawan terlihat sepenjang 700 M ketengah laut belawan.

Dengan menimbun laut sepanjang 700 M, akibatnya ada perubahan alur jalur lalulintas nelayan untuk mencari nafkah.

Selain itu juga ada perubahan arus laut yang berdampak dengan hasil tangkapan nelayan khususnya nelayan ambai yang selama menggantungkan hidupnya di laut belawan selama ini.

Puluhan nelayan ambai yang tinggal di Jalan Young Panah Hijau Labuhan Deli dan sekitarnya terancam kelangsungan hidup mereka akibat menurun drastisnya hasil tangkapan mereka untuk menafkahi keluarga.

Arliansyah (50) perwakilan dari nelayan ambai, Jumat (27/12/2019) kepada poskotasumatera.com mengatakan, para nelayan ambai terdampak langsung dengan adanya reklamasi yang dilakukan oleh Pelindo I Belawan.

"Dampak yang kami alami saat ini ialah berkurangnya hasil tangkapan kami. Selama ini  kalau melaut kami bisa mendapatkan hasil 2 juta/hari dengan 6 ambai serta ke laut dengan 4 orang satu sampan," kata Arlian.

Aibat lain yang mereka rasakan lagi, dengan berubah nya alur dan arus karena reklamasi tersebut adalah, banyaknya sampah yang masuk ke ambai dari pada udang.

"Sejak reklamasi ini penghasilan kami hanya 400 ribu perhari dengan 6 ambai serta 4 orang dalam 1 sampan. Penghasilan ini sangat tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga," terangnya.

Selain itu reklamasi pelindo ini juga membuat jarak tempuh semakin jauh, otomatis pengeluaran untuk BBM kami jadi bertambah.

Arliansyah juga mengatakan, beberapa waktu yang lalu telah melayangkan surat ke kantor pelindo belawan dan diterima oleh security. Namun sampai saat ini belum ada tanggapan oleh pihak Pelindo.

Aulia dari pihak Pelindo cabang Belawan saat dihubungi telpnya untuk dikonfirmasi mengatakan,  " maaf saya sedang meeting nanti jam 11.00 wib hubungi lagi " katanya. Jam 11.00 wib dihubungi kembali telp nya tidak diangkat.

Fiona selaku humas pelindo 1 juga di hubungi telp nya tidak diangkat, pesan WA nya juga tidak dibalas. Sampai saat ini belum bisa didapatkan keterangan dari pihak pelindo terhadap persoalan yang dialami oleh nelayan ambai serta jalan keluar yang diambil oleh pihak pelindo. (PS/DIAN)
Komentar Anda

Terkini: