Dihadiri Camat Angkola Timur, Desa Sijungkang Gelar Musrenbang Desa Tahun Anggaran 2021

/ Jumat, 17 Januari 2020 / 21.27.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Pemerintahan Desa Sijungkang, Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan  menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbang Desa) Tahun Anggaran 2021 di kantor Kepala desa setempat, Jum'at (17/1/2020).

Dalam Musyawarah yang dihadiri Camat Kecamatan Angkola Timur Ricky Hadamean Siregar, S.IP tersebut akan disepakati Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2021.

Musrenbang Desa ini dibuka secara resmi oleh kepala Desa Sijungkang. Kepala desa Sijungkang Kecamatan Angkola Timur, Adi Mirhan Siregar mengatakan pada dasarnya kualitas perencanaan pembangunan desa sangat ditentukan oleh tingkat partisipasi seluruh elemen masyarakat.

“Rancangan Perencanaan Desa yang akan dibahas dan disepakati, benar-benar dari bawah, artinya kumpulan dari suara masyarakat. Ide-ide masyarakat tersebut kemudian disusun oleh tim sebagai salah satu tahapan sebelum masuk di Musrenbang desa,” ujarnya.

Lanjutnya, "Kades  mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada untuk mengusulkan program dalam rangka membangun bersama desa. Untuk itu, kami mengajak kepada semua masyarakat agar mengusulkan program untuk pembangunan di Desa Sijungkang demi kepentingan masyarakat banyak,” katanya.

Ditambahkannya," kepada peserta Musrenbang Kades berharap agar kita satu persepsi, satu visi dan misi dalam melaksanakan musrenbang desa ini. Usul kita tidak perlu banyak, yang penting adalah yang skala prioritas agar tahap perengkingan di tingkat Kecamatan diharapkan  desa kita nomor satu," pungkas Kades.

Dengan mengharap ridho Allah SWT dengan mengucapkan Bismilahirrohmanirrohim Musrenbang Desa Tahun Anggaran 2021 secara resmi saya buka.

Sebelumnya Camat Kecamatan Angkola Timur Ricky Hadamean Siregar, S.IP menyampaikan, bahwa usulan kita dalam Musrenbang ini bukanlah untuk usulan untuk dana desa, namun Musrenbang ini adalah untuk usulan Anggaran APBD, APBD Provinsi dan Anggaran APBN.

Saya minta kepada pendamping desa, untuk memimpin acara Musrenbang ini dalam menampung aspirasi masyarakat sampai selesai. Untuk bidang pertanian, kesehatan,  pendidikan,infrastruktur dan bidang lainnya agar mengusulkan program yang prioritas saja.

 Disampaikan Camat untuk usulan anggaran yang besar diusulkan untuk anggaran APBD sedangkan untuk program anggaran yang sedikit cukup di usulankan melalui dana desa saja.

Dan terakhir Camat berpesan kepada masyarakat desa Sijungkang apabila ada masalah yang kecil agar diselesaikan melalui musyawarah desa, apabila tidak bisa diselesaikan bisa kita cari solusi penyelesaiannnya di tingkat Kecamatan," pungkasnya.

Camat berharap bila ada masalah kecil jangan langsung lapor ke Pihak berwajib karena itu bukan solusi penyelesaian masalah. 
Menurut Camat yang terpenting di tengah tengah masyarakat adalah  kekompakan dan kebersamaan di desa ini terus dijalin agar apa yang dicita citakan  masyarakat desa Sijungkang dapat tercapai.

Dalam menghadapi era globalisasi canggih saat ini  yang sudah serba ITE (Online ) mari kita manfaatkan FB, Twiter untuk hal yang positif dan hindari Ujaran kebencian, Politisasi sara dan hoax.

Musrenbang Desa dihadiri Camat Kecamatan Angkola Timur Ricky Hadamean Siregar, kepala Bappeda Tapsel,Kepala Desa Sijungkang Adi Mirhan Siregar, aparat desa, BPD,Pendamping desa, Pendamping lokal desa, Kepala SD Sujungkang, Staf Puskesmas Huraba, Kelompok Tani, Babinsa, Bhabinkantibmas, KUA Kecamatan, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: