Tuding Kades Sigulang Losung Diduga Selewengkan Dana Desa, Mahasiswa Aksi Demo di Kantor Camat Batang Angkola

/ Senin, 20 Januari 2020 / 18.46.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-
Puluhan mahasiswa yang mengatasnamakan dirinya “Gerakan Mahasiswa  Bersatu Bela Rakyat" (Gebrak) Senin, (20/01/2020) menggelar aksi demo di halaman Kantor Kecamatan Batang Angkola mereka menuntut Camat bersikap tegas terhadap Kepala Desa Sigulanglosung Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan yang diduga telah menyelewengkan dana desa.

"Pak Camat harus menindak tegas kades yang telah melakukan dugaan penyelewengan anggaran dana desa, jika tidak kami akan terus menggelar demonstrasi ini sampai ada kejelasan sikap pemerintah," teriak salah seorang orator saat aksi di depan kantor kecamatan.

Selain berorasi, puluhan massa ini juga membentangkan sejumlah poster dan spanduk bernada tuntutan. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, aksi ini merupakan buntut ketidakpuasan masyarakat dan tentang kinerja pemerintah desa setempat.  

Adapun pernyataan aksi mahasiswa Gebrak yang dikordinir kordinator aksi Wesly Gea dan Kordinator lapangan Agus Halawa,SH antara lain : 

1. Meminta kepada Camat agar mengambil sikap tegas dalam pemberantasan korupsi yang diduga dilakukan Oleh Kepala Desa Sigulanglosung mengenai pembangunan irigasi pengairan persawahan tidak sesuai dengan gambar dan RAB yang telah ditentukan/diusulkan pihak kecamatan Batang Angkola belum menanggapi/menindaklanjuti hasil pemeriksaan di lapangan yang telah dilakukan pihak kecamatan dan masyarakat pada hari Rabu 30 Oktober 2019 dana hasil bangunan yang telah dilaksanakan Oleh Kepala Desa Sigulanglosung tidak sesuai dengan ketentuan ukuran yang tertera pada gambar dan RAB.

2. Kurangnya transparansi Kepala Desa kepada masyarakat Desa Sigulanglosung tentang anggaran dana desa (ADD) tahun Anggaran 2018 dan 2019, 

3. Diminta kepada Camat Kecamatan Batang Angkola segera mengaudit dana desa Sigulanglosung untuk tahun 2018 dan 2019, 

4. Pada bulan Juli 2019 dilaksanakan pemilihan BPD di desa Sigulanglosung, dan syah dipilih masyarakat sebanyak 5 (lima) orang, tapi sampai saat menurut pengakuan kepala desa BPD yang dilantik hanya 3 Orang dan yang 2 orang lagi tidak dipanggil untuk dilantik.

5. Ada apa dengan Pak Kades dan Pak Camat? dan pembentukan/pelantikan karang taruna Tahun 2019 tidak diketahui Oleh seluruh anggota Naposo Nauli Bulung.

Dalam aksi demo tersebut dikawal oleh aparat Kepolisian dari Polsek Batang Angkola.
Sementara tidak satupun pihak Kantor Camat Batangangkola yang bisa dimintai keterangan terhadap dugaan penyelewengan Kepala Desa Sigulanglosung.(PS/BERMAWI)





Komentar Anda

Terkini: