Puskesmas Pokenjior Bersama Akbid Sentral Gelar Kegiatan Posyandu Lansia, Penyuluhan Lansia, dan Pengobatan Gratis di Desa Simatohir

/ Rabu, 29 Januari 2020 / 20.28.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-
PADANGSIDIMPUAN-UPTD Puskesmas Pokenjior bersama Akbid  Sentral ,  melaksanakan kegiatan Posyandu Lansia,Penyuluhan Lansia dan Pengobatan gratis  di Dusun II  desa Simatohir Kecamatan Padangsidimpuan Angkola.Julu , (29/01/2020).

Adapun kegiatan yang di lakukan pada posyandu lansia ini yaitu pengukuran tinggi badan, dan penimbangan berat badan serta beberapa cek kesehatan lainnya.

Kapus Pokenjior Putri Runggu Siregar,MKM  di sela sela  kegiatan posyandu lansia tersebut juga memberikan penyuluhan mengenai kesehatan kepada masyarakat.

“Tujuan dari posyandu lansia adalah untuk meningkatkan kesejahteraan lansia, baik fisik maupun psikologis, melalui kegiatan posyandu lanjut usia yang mandiri dalam masyarakat agar ada kesadaran diri mereka untuk mengetahui betapa pentingnya menjaga kesehatan diri kita sendiri diusia senja.

Lansia adalah usia yang rentan pada kesehatan fisik dan mental. Banyak orang berkata bahwa semakin tua akan Sulit melakukan “ini dan itu”, emosinya pun tidak terkontrol dengan baik.

“Oleh karena itu mereka membutuhkan konseling, terutama konseling    mengenai kesehatan,” tukas Kapus.

 Posyandu Lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.

Kegiatan pemeriksaan Lansia langsung ditangani oleh tenaga kesehatan Puskesmas Pokenjior bersama Akbid Sentral Padangsidimpuan. Dalam hal ini ada beberapa Lansia yang diperiksa, berdasarkan hasil pemeriksaan, penyakit yang sering diderita Lansia adalah Hipertensi ( Darah Tinggi ).

Yang menjadi sasaran Posyandu Lansia yaitu kelompok pra usia lanjut ( 45-59 tahun), kelompok usia lanjut (60 tahun keatas) dan kelompok usia lanjut dengan resiko tinggi (70 tahun keatas).

Diharapkan dengan adanya Posyandu Lansia bisa meningkatkan derajat kesehatan Lansia untuk mencapai masa tua yang bahagia dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.

Kapus Pokenjior bersama Akbid Sentral mengadakan Penyuluhan hipertensi dan pengobatan segala penyakit secara gratis kepada masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk mengaktualisasikan visi misi Walikota Padangsidimpuan yaitu  Sidimpuan Bersinar.( PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: