Seleksi Panwascam Dinilai Sukses, Mantan Ketua Panwaslu Tapsel Apresiasi Kinerja Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan

/ Kamis, 09 Januari 2020 / 19.19.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Kinerja Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan dalam proses rekrutmen dan seleksi panitia Pengawas pemilihan kecamatan (Panwascam), mendapat apresiasi dari mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Tapanuli Selatan Bermawi Putra Siregar,SH.

“Selama ini saya mengikuti dan menilai proses seleksi Panwascam untuk Pilkada 2020 sudah dilaksanakan secara terbuka oleh Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan. Hal ini terlihat dengan antusias masyarakat yang datang dari berbagai latar belakang untuk mengikuti dan mengajukan diri menjadi Anggota Panwascam,” kata Bermawi Putra Siregar, SH kepada media online POSKOTASUMATERA.COM Kamis (9/1).

“Saya  menilai pencegahan yang dilakukan Bawaslu sudah tepat. Bawaslu telah melakukan sosialisasi di 14  Kecamatan se Kabupaten Tapanuli Selatan, serta keterbukaan informasi sangat informatif. Hal ini dapat kita cermati, baik melalui pengumuman di Ktr Camat Se Kabupaten Tapanuli Selatan, di Kantor Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan, website dan berbagai media sosial  FB Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan.

Dirinya menegaskan, atas nama warga  masyarakat sebagai agen pengontrol saya  mengapresiasi kinerja Bawaslu dalam proses rekrutmen Panwascam sudah dilaksanakan sesuai ketentuan. Diantaranya tahapan sosialisasi, seleksi administrasi, sistem ujian Computer Assisted Test (CAT) dan wawancara.

“Tidak menutup kemungkinan adanya ocehan simpang siur dari berbagai elemen masyarakat, akan tetapi dalam kehidupan sosial itu biasa saja. Jika memang terdapat pelanggaran buktikan saja, jangan sampai sikap kontra terhadap hasil seleksi Panwascam itu malah memicu hoax, ujaran kebencian yang tanpa bukti,” tegas Bermawi.
Dalam aksi demo yang dilakukan oleh Berbagai elemen masyarakat baru baru ini ke Kantor Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan adalah hal yang biasa dan merupakan hak setiap negara mengumakan pendapat di nuka umum asalkan sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku.
“Terkesan sangat lucu jika ada peserta yang tidak lulus kemudian menyatakan bahwa proses rekrutmen inprosedural, kenapa tidak disampaikan pada saat tahapan seleksi berlangsung. Jangan sampai jika yang bersangkutan dinyatakan lulus dengan proses yang ada, kemudian menyampaikan bahwa seleksi dilaksanakan sudah sesuai ketentuan,” lanjutnya.

Menurut Bermawi Putra Siregar, SH , tahapan rekrutmen Panwascam bukan persoalan ringan karena mekanisme rekrutmen itulah Bawaslu yang mendapatkan dan  menentukan jajaran Ad hoc yang berkualitas serta pertimbangan Bawaslu dalam menetapkan 42 nama Anggota Panwascam sangatlah tepat.

“Pasalnya  Bawaslu harus menyaring pendaftar atau calon anggota panwascam sesuai aturan yang berlaku.
Dalam suatu kompetisi kalah dan menang adalah hal yang biasa. Bagi calon panwancam yang kalah mari kita berlapang dada menerimanya.

“Saya berharap kepada berbagai pihak agar bisa menciptakan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat. Tentunya ini sebagai upaya untuk mencerdaskan masyarakat, dan memelihara nilai-nilai demokrasi. Mari kita sukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan,” ungkap Bermawi Putra Siregar.(PS/TIM)
Komentar Anda

Terkini: