Akhyar : Ayo Tanam Pohon Demi Keberlangsungan Hidup Anak Cucu Kita

/ Jumat, 28 Februari 2020 / 07.35.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Senyum sapa riang terpancar dari wajah siswa-siswi SDS IT Siti Hajar saat menyapa kedatangan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi kesekolah tersebut yang berada di Jalan Jamin Ginting KM 11 Paya Bundung Kelurahan Simpang Selayang Kecamatan Medan Tuntungan, Kamis (27/2). Plt Wali Kota juga terlihat bahagia dan senang berada disekolah yang rindang tersebut.

Plt Wali Kota yang tiba pukul 07.30 wib tersebut langsung menuju lapangan untuk melakukan senam bersama siswa-siswi dan para guru SDS IT Siti Hajar. Usai melakukan senam, Plt Wali Kota selanjutnya melakukan penanaman pohon di lingkungan sekolah tersebut. Total pohon yang ditanam sebanyak 6 pohon palem.

Penanaman pohon tersebut dilakukan Plt Wali Kota didampingi Plt Kadis Pendidikan Kota Medan Masrul Badri, Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan Syarif Armansyah Lubis, Camat Medan Tuntungan Topan O P Ginting, Yayasan IFDS Siti Hajar Dr Ir A Perwira Mulia Tarigan MSc, Direktur IFDS Siti Hajar Dr Ahmad Primonta Tarigan dan Kepala Sekolah IT Siti Hajar Rahmad Martuah SSn MPd.

Usai menanam pohon, Akhyar mengatakan salah satu tujuan kegiatan penanaman pohon ini adalah untuk mengurangi polusi udara yang semakin hari semakin buruk. Selain itu, kegiatan ini juga bisa bermanfaat untuk menanamkan kecintaan akan NKRI, sebagai media pembelajaran bagi anak sekolah dan masyarakat sekitar, serta menunjukkan kepedulian pihak sekolah SDS IT Siti Hajar akan lingkungan yang bersih, indah dan asri.

Namun, tambah Akhyar, bahwa upaya penanaman pohon yang dilakukan hari ini pasti tidak akan serta merta menjadi solusi atas permasalahan alam dan lingkungan saat ini. Namun paling tidak, hal ini menunjukkan bahwa SDS IT Siti Hajar masih mau peduli terhadap kondisi alam dan lingkungan di sekitarnya. Maka dari itu perlunya diseimbangi dengan menjaga kebersihan lingkungan, dimulai dengan mewadahi sampah.

"Menjaga kebersihan sekitar kita salah satunya juga dapat dilakukan dengan mewadahi sampah merupakan salah satu program yang tengah dilakukan Pemko Medan saat ini yakni #yokbikincantikmedan," jelas Akhyar.

Dijelaskan Akhyar, Program #yokbikincantikmedan merupakan suatu program yang mengajak seluruh masyarakat Kota Medan untuk bergerak bersama dengan pemerintah dalam membuat Kota Medan bersih, aman dan nyaman serta bebas dari sampah. "Saya berharap melalui program yang tengah digelorakan Pemko Medan tersebut dapat membuat Kota Medan yang kita cintai ini bersih aman dan nyaman serta membuat Medan lebih cantik lagi," harap Akhyar.

Dalam kesempatan tersebut, Akhyar juga mengapresiasi kepada SDS IT Siti Hajar. Sebab, SDS IT Siti Hajar telah meraih penghargaan Adhiwiyata Tingkat Nasional. Selain itu, SMP Siti Hajar juga akan tengah berusaha dalam mendapatkan penghargaan Adhiwiyata Tingkat Nasional Mandiri. "Hal tersebut patut diapresiasi. Pertahankan apa yang telah dicapai dan terus tingkatkan. Melalui sekolahlah anak dapat dilatih untuk menjaga lingkungan," ucap Akhyar.

Sebelumnya, Yayasan IFDS Siti Hajar Dr Ir A Perwira Mulia Tarigan MSc mengucapkan terima kasih kepada Plt Wali Kota yang telah datang ke SDS IT Siti Hajar untuk melakukan penanaman pohon. "Dengan adanya penanaman pohon ini, saya berharap kita dapat menyelematkan bumi kita dari global warming serta menjaga udara disekeliling kita tetap sejuk," harap Perwira.(PS/RYANT)
Komentar Anda

Terkini: