Gerakan Siswa Menanam Dan Menumbuhkan Pohon

/ Minggu, 09 Februari 2020 / 14.04.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-DELISERDANG
Sekolah sebagai tempat aman,nyaman, bersih, sejuk, rindang, indah, sehat, ramah, dan menyenangkan. Sesungguhnya telah banyak upaya yang dilakukan berbagai linisektor diantaranya melalui program Kementerian Lingkungan Hidup (Sekolah Adhiwiyata), Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Sekolah Ramah Anak), Kementerian Kesehatan (Sekolah Sehat), bahkan Bupati  Kabupaten Deli Serdang dengan program Deli Serdang BERSERI (Bersih, Rapi, Sejuk, Rindang dan Indah), atau lembaga berbasis sekolah maupun program inovatif sekolah lainnya.

Untuk mewujudkan sekolah Berwawasan Lingkungan, Sekolah Adhiwiyata, dan Deli Serdang BERSERI, Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang mencanangkan Gerakan Siswa Menanam Dan Menumbuhkan Pohon, yang dilakukan serentak diseluruh sekolah di Kabupaten Deli Serdang.

Bertempat di SD Negeri 101868 Desa Sena Kecamatan Batang Kuis sebagai pusat pecanangan Gerakan siswa menanam dan menumbuhkan pohon, Avro Wibowo, S.STP Camat Kecamatan Batang Kuis, dalam arahannya menyampaikan amanat Kepala Dinas Pendidikan mengatakan,”Gerakan siswa menanam dan menumbuhkan pohon, bukan hanya aksi peduli lingkungan sesaat, namun lebih dari itu merupakan upaya nyata aktualisasi pembelajaran para siswa dalam menunjukkan capaian Kompetensi Sikap Spiritual (Ki-1), Sikap Sosial (Ki-2), Pengetahuan (Ki-3) dan Ketrampilan (Ki-4) yang diperoleh di kelas”.

“Program kegiatan ini tidak hanya sekedar menanam pohon saja, tetapi juga para siswa sekalian, diajak untuk bertanggungjawab terhadap upaya penumbuhan pohon dengan didampingi dan dibina bapak/ibu guru. Dimana setiap siswa bertanggungjawab terhadap pohon yang ditanamnya,” lanjut Kepala Dinas Pendidikan dalam amanatnya yang dibacakan Avro Wibowo, S.STP.


Pencanangan gerakan ini secara serentak diseluruh sekolah-sekolah di Kabupaten Deli Serdang dilakukan pada hari Jum’at 7 Februari 2020, dan puncaknya akan dilaksanakan pada minggu ke-2 bulan April 2020. Gerakan Siswa Menanam dan Menumbuhkan Pohon ini, diharpakan akan menjadi Gerakan Nasional Siswa Peduli dan Berbudaya Lingkungan diseluruh penjuru Nusantara.

Kepala SD Negeri 101868 Tri Purwati, S.Pd. M.Pd mengatakan,”SDN 101868 dulunya merupakan sekolah yang gersang, pada masa itu para siswa disaat jam istirahat tidak nyaman untuk melakukan kegiatan, juga merasa gerah ketika jam pelajaran karena suasana lingkungan sekolah yang panas, tetapi berkat bimbingan Dinas Pendidikan Deli Serdang dan Dinas Lingkungan Hidup, serta peran tokoh masyrakat dan para orang tua siswa. SDN 101868 sekarang lingkungannya sejuk dan nyaman, serta lingkungan sekolah yang dibuat menarik dan indah. Membuat para siswa nyaman untuk belajar dan berkegiatan.”

Kegiatan yang diadakan Jum’at 7 Februari 2020 di SD Negero 101868 ini ditandai dengan penyerahan pohon kepada Kepala Sekolah SMP dan Kepala Sekolah SD di Kecamatan Batang Kuis secara simbolis. Kemudian dilanjut dengan penanaman pohon yang dilakukan oleh perwakilan siwa SMP dan SD yang didampingi Muspika dan Kepala Sekolah.

Rangkaian kegiatan pencanangan gerakan siswa menanam dan menumbuhkan pohon di Kecamatan Batang Kuis juga menampilkan hasil karya kerajinan tangan yang berbahan daur ulang serta peragaan busana yang terbuat dari bahan daur ulang, para peraga busana berasal dari siswa SD Negeri 101868 yang bergaya bak model professional yang sedang memeragakan busananya.

“Pemanfaatan bahan daur ulang untuk dijadikan hasil kerajinan tangan yang memiliki nilai keindahan serta juga memiliki komersil ini merupakan salah pembinaan siswa untuk berkeratifitas, dan pembuatan busana dari daur ulang merupakan hasil kreasi dan kreatifitas orang tua siswa dan juga para guru,” jelas Kepala Sekolah SD Negeri 101868 Desa Sena.

Selanjutnya Muspika dan yang hadir pada kegiatan melihat pameran produk hasil pemanfaatan daur ulang serta cara pembuatannya yang dilakukan para siswa SD Negeri 101868.(PS/SATRIO)






Komentar Anda

Terkini: