Inspektorat Labuhanbatu Diminta Periksa Penggunaan DD Sei Nahodaris

/ Senin, 24 Februari 2020 / 14.21.00 WIB
Tidak Siap : Pekerjaan Pembangunan Jalan Beton Di Dusun IV Desa Sei Nahodaris Kecamatan Panai Tengah Sumber Anggaran Dana Desa (DD) TA 2019 Diduga Tidak Siap Dikerjakan. POSKOTA/OKTA - DARMA

POSKOTASUMATERA.COM - LABUHANBATU - Masyarakat Desa Sei Nahodaris Kecamatan Panai Tengah meminta kepada Inpektorat Labuhanbatu agar segera melakukan Pemeriksaan Penggunaan Anggaran Dana Desa (DD) setempat Tahun Anggaran (TA) 2019.

Pasalnya, masyarakat mensinyalir ada kejanggalan dalam Penggunaan Anggaran DD TA 2019 di Desa tersebut. Sebab, ditemukan Pekerjaan Fisik Pembangunan Jalan Beton tidak siap. Selain itu, Pemasangan Papan Plank Pengumuman Pekerjaan tidak sesuai dengan Jenis Pekerjaan. Hasil croschek di lokasi Proyek, menemukan Pekerjaan Jalan Beton sepanjang 30 M.

Menurut pengakuan salah seorang masyarakat Dusun IV Desa Sei Nahodaris Kecamatan Panai Tengah yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, Pembangunan Jalan Beton tersebut, seharusnya sepanjang 80 M. Pekerjaan Fisik Pembangunan Jalan Beton itu juga, tidak memenuhi Volume Pekerjaan.

Jumirin warga setempat juga mengatakan, bahwa Pekerjaan Pembangunan Jalan Beton tersebut sudah sebulan lalu berhenti. Menurutnya, Pekerjaan tersebut tidak dilanjutkan lagi. Sebab, hingga sampai saat ini belum ada lanjutan Pekerjaan di Lokasi Pekerjaan yang terbengkalai.

Ia juga mengaku merasa keberatan, karena keberadaan Besi Angker untuk Pekerjaan Pembangunan Jalan Beton itu masih di pekarangan rumahnya.


“Sepengetahuan Kami, Pembangunan Jalan Beton ini sepanjang 80 M, tapi baru dikerjakan 30 M.sampai sekarang belum ada Pekerjaan Lanjutan di Pembangunan Jalan Beton itu", cetusnya.

Sekretaris Desa (Sekdes) Nahodaris Kecamatan Panai Tengah Muhammad Taufik Lubis ketika ditemui, Kamis (20/2/2020) terkait hal ini, terkesan menutup - nutupi permasalahan ini. Sekdes tersebut seperti melimpahkan permasalahan ini semua ke Kades.

”Semua itu Kades bang", jawabnya.

Dihari yang sama Kepala Desa (Kades) Sei Nahodaris Kecamatan Panai Tengah Sakimin saat ditemui guna meminta penjelasan terkait permasalahan ini mengakui, bahwa ada Pekerjaan Pembangunan Jalan Beton tersebut di Desanya.

Namun Ia berdalih, terkendalanya Pembangunan  Jalan Beton di Desanya akibat adanya Pekerjaan Proyek Pembangunan Irigasi.

Plt Kepala Inspektorat Labuhanbatu Ahlan T Ritonga saat dihubungi, Minggu (23/2/2020) dalam menanggapi perihal ini mengatakan, akan melakukan Pemeriksaan secara regular di Desa Sei Nahodaris Kecamatan Panai Tengah atas Laporan Keuangan Penggunaan DD TA 2019.

”Siap, Kami akan melakukan Pemeriksaan Penggunaan DD di Sei Nahodaris Kecamatan Panai Tengah dalam waktu dekat ini", ujarnya. (PS/OKTA - DARMA)

Komentar Anda

Terkini: