Letkol Laut (P) Dafris : 64 Orang TKI Illegal Diamankan dan Diperiksa Kesehatannya Antisipasi Virus Corona

/ Minggu, 23 Februari 2020 / 21.05.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TANJUNGBALAI-
Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Asahan (Lanal TBA) mengamankan sebanyak 64 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Illegal yang pulang dari Negara Jiran Malaysia hari Jum'at (21/2/2020) siang sekitar pukul 14.50 Wib di perairan Kuala Bagan Asahan.

Awalnya siang itu Lanal TBA melalui Tim FQR Sea Rider melaksanakan Patroli rutinitas di Perairan Bagan Asahan kemudian melihat sebuah kapal kayu mencurigakan. Setelah dilakukan pengejaran, Tim FQR berhasil memberhentikan laju kapal kayu diketahui KM Sahabat Baru itu dan menemukan sebanyak 64 orang TKI Illegal terdiri dari 42 orang laki laki dan 21 orang perempuan serta 1 orang balita.

Selanjutnya, para TKI Illegal pun diamankan ke Mako Lanal TBA di Jalan Sei Barombong, Desa Sei Apung Jaya, Kecamatan Tanjung Balai, Kabupaten Asahan untuk dilakukan pemeriksaan.

“Setelah kita lakukan pemeriksaan badan dan barang bawaan ke 64 TKI Illegal itu, kita tidak menemukan barang barang telarang maupun narkotika,”ujar Danlanal TBA Letkol Laut (P) Dafris M.Sc (MS) dalam Press Release nya di Gajebo belakang Mako Lanal TBA, Sabtu (22/2/2020).

Letkol Laut (P) Dafris menambahkan rencananya ke 64 TKI illegal dari berbagai daerah ini akan di serahkan ke Kantor Imigrasi Tanjung Balai untuk dilakukan proses pendataan lanjutan setelah terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Dinas Kesehatan Kota Tanjung Balai untuk mengantisipasi Virus Corona.

“Kita bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Koordinator wilayah (Korwil) Kerja Tanjung Balai Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Medan dan Karantina TBA untuk memeriksa kesehatan para TKI Illegal untuk mengantisipasi Virus Corona supaya bisa dapat langsung diantisipasi bila ada nantinya yang terdeteksi,”ucap Letkol Laut (P) Dafris M.Sc (MS) kepada Poskota.

Sementara itu Korwil KKP Kelas I Medan, Lisdawati mengatakan, awalnya Tim KKP membagikan Kartu Kewaspadaan Kesehatan kepada semua TKI Illegal yang diamankan itu untuk mengisi identitas sesuai KTP masing masing. Selanjutnya diberikan arahan dan pengecekan suhu tubuh.

“Dari hasil pemeriksaan kesehatan, tidak ada TKI Ilegal itu yang terjangkit Virus Corona karena suhu badannya dibawah 38 derajat,”sebut Lisdawati.*

(PS/SAUFI).
Komentar Anda

Terkini: