Soal Warga Miskin di Labuhan Deli, Lurah Ngaku Nek Asmah Terima Bantuan KIS dan PKH

/ Selasa, 04 Februari 2020 / 23.04.00 WIB

 BANTU: Pengurus DPC GANN Medan mengunjungi dan menyantuni Nek Asmah di Paluh Hantu Lingkungan 10 Kel. Labuhan Deli Medan Marelan. POSKOTA/DOK

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Lurah Labuhan Deli Kecamatan Medan Marelan Masyitah mengaku, Nek Asmah warga miskin beralamat di Lingkungan 10, telah menerima bantuan pemerintah berupa Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Program Keluarga Harapan.

Kemiskinan Nek Asmah memang sempat viral di media sosial dan media cyber hingga mengundangan simpati para donatur dan aktivis sosial untuk membantu warga miskin yang bermukim di pinggir Paluh Hantu itu.

Masyitah menjelaskan, menurut laporan Kepling 10 Kelurahan Labuhan Deli Jum'ah Tahir), Nek Asmah tinggal bersama anaknya yang laki-laki, namun Nek Asmah sudah 30 tahun tinggal menumpang di rumah milik tetangganya itu di sekitar Hutan Mangrove.

“Dahulunya Nek Asmah tinggal bersama abangnya dengan berjualan kopi dan teh serta kue-kue. Tapi abangnya tersebut telah meninggal dunia. Sekarang nenek Asmah berjualan udang ukuran kecil bersama anaknya,” kata Masyitah di laman Whats App nya yang diterima redaksi, Selasa (4/2/2020).

Dijelaskannya, menurut laporan Kepling, Nek Asmah mendapat bantuan KIS dan PKH dari pemerintah sedangkan bantuan rumah tidak layak huni tak bisa diusulkan karena Nek Asmah tidak memiliki tanah atau rumah.
Diberitakan sebelumnya aksi sosial Komunitas Sedekah Jumat yang dinakhodai Saharudin dan bhakti sosial Generasi Anti Narkoba Nasional (GANN) Kota Medan yang digawangi Rinaldi membantu Nek Asmah yang mengalami kesulitan ekonomi dan rumah yang ditinggalinya reot dan tak layak huni.


Awalnya beberapa waktu lalu, pengurus DPP KSJ, Rusli yang akrab disapa Pak Ili mendapat info dari masyarakat tentang adanya warga tak mampu yang berdomisili di sekitar Paluh Hantu di Lingkungan 10 Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Marelan.


Dengan bantuan remaja disana, aktivis sosial inipun berupaya menemukan lokasi kediaman Nek Asman yang berada nun jauh ke dalam Paluh dekat area Mangrove dan Tambak-tambak Ikan dan Udang di Kelurahan Labuhan Deli. Meski jalanan ekstrim karena berair dan berlumpur, namun akhirnya Rusli menemukan kehidupan pilu Nek Asman yang pondok tinggalnya amat tak layak. Atap bocor, dinding kayu yang telah lapuk, lantai juga kayu lapuk dan pola hidup jauh dari layak karena faktor ekonomi.


Temuan ini dilaporkan ke DPP KSJ dan diposting dalam grup-grup Whats App kegiatan sosial dan mendapat respon cepat dari KSJ yang langsung memberikan bantuan ke Nek Asman dan dilanjutkan dengan bantuan organisasi lain.


Selanjutnya pengurus GANN Medan dipimpin Rinaldi bersama pengurus GANN Sumut bersama puluhan kadernya, Minggu (2/2/2020) mengunjungi kediaman Nek Asman dan membawa bantuan untuk kebutuhan hidup serta memberikan spirit serta mendoakan warga tak mampu ini agar sabar menghadapi cobaan.
 (PS/ALFAN)      


Komentar Anda

Terkini: