Sumut Kini Punya Desa Wisata, Wagub Harapkan Semakin Banyak Kepala Desa yang Kreatif

/ Selasa, 04 Februari 2020 / 00.48.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-DELISERDANG - Sejauh mata memandang, hamparan sawah membentang di Desa Wisata Sawah Pematang Johar, Jalan Johar, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deliserdang. Pemandangan hijau di lahan seluas seribuan hektare ini memberikan kesejukan, menyegarkan pikiran dan tentunya membuat takjub.

Kesan ini lah yang dirasakan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah ketika meresmikan Desa Wisata Sawah Pematang Johar, Senin (3/2). "Luar biasa anugerah yang kita miliki di Sumut. Patut kita apresiasi, khususnya Bapak Kepala Desa yang telah mengelola desa hingga jadi luar biasa begini," ujarnya.

Wagub berharap Desa Wisata Sawah Pematang Johar ini menjadi inspirasi bagi kepala desa lainnya di kabupaten/kota Sumut untuk menciptakan inovasi dan kreatifitas di desa masing-masing. "Banyak potensi-potensi di desa. Untuk itu Saya berharap semakin banyak kepala desa yang berpikir kreatif dan memajukan desa, apalagi sudah didukung dengan dana desa," pesan Wagub.

Sesuai dengan apa yang menjadi cita-cita dirinya bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yakni Membangun Desa Menata Kota, Wagub memandang Desa Wisata Sawah Pematang Johar ini merupakan salah satu bentuk konkret perwujudan dari cita-cita tersebut. "Ketika kekuatan itu kita bangun mulai dari desa, Saya yakin kita akan menjadi provinsi yang tangguh dan bermartabat," katanya.

Menurut Wagub, keberadaan desa wisata seperti ini bukan hanya menguntungkan untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa semata, tetapi juga menunjang aspek lainnya seperti membuka wawasan lewat interaksi dengan pengunjung luar daerah Deliserdang, terciptanya ruang rekreasi positif maupun sebagai pengingat untuk melestarikan alam.

Kepala Desa Pematang Johar Sudarman mengaku sangat bangga bisa menghadirkan tamu-tamu terhormat untuk mengunjungi desanya sekaligus menyaksikan peresmian Desa Wisata Sawah Pematang Johar yang dikelola dengan usaha dan jerih payah yang tak mudah. Sudarman berbagi ide untuk membuat desa wisata lantaran ditantang oleh Bupati Deliserdang Azhari Tambunan untuk membuat tempat wisata yang mampu mendatangkan orang luar ke Deliserdang.

"Alhamdulillah, tidak hanya luar Sumatera, bahkan luar Indonesia pun sudah ada yang berkunjung ke sini. Saya ucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah mendukung, mulai dari pemerintah, pihak universitas dan bantuan CSR PT KIM. Desa wisata ini adalah persembahan untuk masyarakat desa Pematang Johar," tuturnya.

Inspirasi lain pembuatan desa wisata ini, lanjut Sudarman, adalah pernyataan tegas Gubernur Edy Rahmayadi saat bersilaturahmi dengan seluruh kepala desa di Deliserdang. "Saya ingat saat itu beliau mengatakan kepala desa tidak boleh banyak tidur. Harus banyak berbuat untuk kesejateraan masyarakat," kenangnya bercerita.

Bupati Deliserdang Azhari Tambunan memberikan apresiasi dan mengucapkan selamat atas peresmian Desa Wisata Sawah Pematamg Johar. "Selamat datang kepada seluruh hadirin di Kabupaten Deliserdang. Bawa keluarga ramai-ramai berkunjung ke desa wisata ini. Mari kita dukung wisata-wisata lokal," ucap Azhari.

Peresmian ditandai dengan pemukulan gong oleh Wagub Musa Rajekshah. Saat itu, Wagub juga menyaksikan penyerahan bantuan dan penandatanganan surat kesepakatan kerja sama antara PT KIM dan Kepala Desa Pematang Johar. Acara dilanjutkan dengan berkeliling meninjau desa wisata, melihat spot foto yang unik dan pameran batik karya masyarakat setempat.

Turut hadir dalam acara peresmian tersebut Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, Wakil Bupati Deliserdang Ali Yusuf Siregar, mewakili unsur Forkopimda Sumut dan Deliserdang, OPD Pemprov Sumut dan Deliserdang, Komisaris PT KIM Muhyan Tambuse dan RE Nainggolan, Direktur Keuangan PT KIM Adler Manarissan Siahaan, Rektor USU Runtung Sitepu, akademisi, mewakili universitas dan masyarakat Desa Pematang Johar.(PS/DIAN)
Komentar Anda

Terkini: