UPTD Dinas Perkebunan Wilayah I Padangsidimpuan Akan Melakukan Pembinaan dan Pelatihan Petani

/ Minggu, 09 Februari 2020 / 12.17.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDEMPUAN- Kepala UPTD Dinas Perkebunan Wilayah I Padangsidimpuan yang baru menjabat Banua Pane, SP, M.Si saat dijumpai Wartawan (04/02/2020). Bahwa Dinas UPTD Perkebunan Wilayah I Padangsidimpuan saat ini dalam programnya masih dalam proses persiapan untuk program kegiatan kedepannya.

Banua Pane, SP, M.Si menjelaskan salah satu program kedepannya adalah memberikan pembinaan petani untuk  pengendalian pelatihan tanaman komoditi kopi dan kakao. Kita nanti akan komunikasi langsung dengan petani kendala apa saja yang mereka hadapi selama ini dalam penanaman tanaman komoditi kopi dan kakao misalnya, ungkapnya. Dan menjelaskan bagaimana cara bertanam yang baik, semisal cara proteksi dan pengendalian bertanam kopi dan kakao tidak harus bertumpu pada pupuk saja supaya tanaman itu tumbuh dengan baik.

Ditambahkannya, bahwa Dinas UPTD Perkebunan Wilayah I Padangsidimpuan adalah bidang Proteksi, bukan bidang benih atau bibit karena selama ini banyak masyarakat beranggapan bahwa dinas tersebut bidang bibit kepada masyarakat.

Dinas Perkebunan yang menyediakan bibit ada di Provinsi bagian benih yang langsung berhubungan dengan Dinas Pertanian atau Perkebunan Kabupaten/Kota. Kita bertugas memberikan pembinaan pelatihan kepada petani ungkap Banua Pane. Kedepan nanti kita akan memberikan pembinaan pelatihan kepada petani di Wilayah I Daerah binaan kami katanya, supaya petani nantinya mendapat hasil yang memuaskan.

Nantinya pada bulan mei tahun ini rencananya UPTD Dinas Perkebunan Wilayah I Padangsidimpuan, akan membuat pelatihan untuk Wilayah I yang akan diikuti 50 orang petani/Kabupaten.(PS/SAPAWI)
Komentar Anda

Terkini: