Akhyar Kembali Tinjau RSU Sari Mutiara , 100 Milyar APBD Kota Medan Disiapkan Tanggulangi Wabah Covid-19 Di Kota Medan

/ Sabtu, 21 Maret 2020 / 17.57.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi kembali meninjau RSU Sari Mutiara di Jalan Kapten Muslim, Sabtu (21/3). Ini merupakan ketiga kalinya Akhyar meninjau rumah sakit pasca ditunjuk dan ditetapkan Gubsu Edy Rahmayadi sebagai tempat screening awal penanganan corona virus disease (Covid-19) untuk warga Sumut termasuk Kota Medan, Rabu (18/3) lalu. 

Didampingi Dandim 0201/BS Kol Inf Roy J Hansen Sinaga, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Jhonny Eddizon Isir, sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Kota Medan, tim medis dan tim gugus tugas penanganan Covid-19 Kota Medan, Akhyar ingin lebih memastikan kembali kesiapan tim dan peralatan medis yang akan digunakan dalam melayani masyarakat.

Terhitung hingga saat ini, ada 7 rumah sakit swasta di Kota Medan yang ikut tergabung dalam  tim penanganan Covid-19 sebagai bentuk dukungan, kerja sama dan sinergitas membantu tugas pemerintah terutama Pemko Medan. Nantinya, tim medis rumah sakit akan bertugas secara bergantian dengan jam tugas masing-masing selama 8 jam. Selain itu, mobil ambulance juga tetap disiagakan mengantisipasi jika ada pasien yang butuh penanganan lanjutan.

Mengawali arahannya, Akhyar mengucapkan terima kasih kepada semua rumah sakit yang telah membantu dalam menangani wabah Covid-19 di Kota Medan. Namun, diungkapkan Akhyar 73 rumah sakit se-Kota Medan baik milik pemerintah maupun swasta mengaku siap untuk ikut serta sehingga pelayanan bagi masyarakat dapat dilakukan secara prima.

"Alhamdulillah, terima kasih kepada semua pihak yang menunjukkan kepedulian untuk bersama-sama bergandeng tangan menyikapi dan menangani wabah Covid-19. Kita pastikan bahwa pemerintah beserta seluruh stakeholder hadir untuk masyarakat," kata Akhyar.

Pasca ditetapkan Kota Medan berstatus siaga Covid-19, Akhyar mengaku Pemko Medan telah menyiapkan pos anggaran sebesar Rp. 100 milyar yang akan digunakan untuk penanggulangan pencegahan maupun penanggulangan dampak sosial yang diakibatkan wabah Covid-19. Terlebih jika angka kasus Covid-19 di Kota Medan terjadi peningkatan yang signifikan.

"Kita tentu berharap wabah Covid-19 ini segera berakhir. Namun, kesiapsiagaan tetap dilakukan lewat pengalokasian dana APBD Kota Medan dan penggunaannya akan disesuaikan dengan kebutuhan. Kembali kami mengajak semua pihak untuk berperan menciptakan ketenangan di masyarakat  dengan edukasi dan sosialisasi. Lewat kerja sama semuanya tanpa terkecuali, kita harus yakin kondisi ini segera berangsung pulih," harapnya.

Lebih jauh Akhyar menjelaskan bahwa sampai saat ini dari data Dinas Kesehatan yang terhimpun, ada 142 warga bersatus orang dalam pemantauan (ODP), 21 pasien dalam pengawasan (PDP) dan 2 yang positif terjangkit Covid-19 di Kota Medan. Artinya ada peningkatan yang terjadi. Untuk itu, Akhyar berpesan warga untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan dengan memperhatikan kebersihan diri dan kondisi tubuh.

"Masyarakat kami himbau untuk mengisolasi mandiri dirinya di rumah masing-masing. Kurangi aktifitas diluar. Selain itu, jika merasakan gejala atau indikasi segera datang dan laporkan ke fasilitas layanan kesehatan terdekat. Kami juga terus mendorong OPD dan semua pihak untuk menyediakan hand sanitizer dan sarana cucu tangan di lingkungan kerja dan tugas masing-masing. Saat ini juga, Pemko Medan tengah menghadirkan wastafel khususnya di area publik. Tetaplah disiplin pada protokol kesehatan yang ada," pesannya.

Sementara itu, Dandim 0201/BS Kol Inf Roy J Hansen Sinaga juga menghimbau warga untuk mengikuti aturan dan himbauan yang disampaikan pemerintah. "Selain itu juga, kita akan lakukan patroli terutama bagi anak sekolah di masa belajar mandiri yang telah ditetapkan. Sifatnya bukan mengganggu, tapi ini himbauan demi keamanan kita bersama. Jaga diri dan sayang keluarga. Tetap panik berlebihan, namun juga jangan menganggap remeh," ujar Dandim mengingatkan.

Sedangkan Kapolrestabes Medan Kombes Pol Jhonny Eddizon Isir menuturkan agar himbauan social distancing benar-benar dapat dilakukan masyarakat untuk menekan angka kasus Covid-19. Apalagi dari peninjauannya bersama Akhyar ke beberapa gudang distributor bahan pokok, dipastikan stok aman untuk memenuhi kebutuhan warga. "Pihak Polrestabes Medan juga tidak akan memberi izin keramaian seperti misalnya aksi damai ataupun unjuk rasa hingga waktu yang telah ditentukan," bilang Kapolrestabes.

Usai meninjau RSU Sari Mutiara, Akhyar beserta rombongan kemudian meninjau RSU GL Tobing di Komplek PTPN II, Tanjung Morawa. Di sini, Akhyar juga ingin melihat sejauh mana kesiapan lokasi yang akan digunakan sebagai tempat evakuasi warga. Hingga saat ini seluruh ruangan tengah dipersiapkan dengan bantuan dari personil TNI.(PS/RYANT)
Komentar Anda

Terkini: