Bupati Tapsel Buka Musrenbang RKPD Tahun 2021

/ Kamis, 26 Maret 2020 / 16.38.00 WIB
                         

POSKOTASUMATERA.COM-
TAPSEL -
 Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Syahrul M Pasaribu, SH membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) RKPD Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2021 di Aula Sarasi II, Kantor Bupati Tapsel, Kamis (26/3/2020).

Bupati Tapsel H. Syahrul M. Pasaribu, SH dalam sambutannya menyampaikan, bahwasanya pelaksanaan Musrenbang RKPD Tapsel tahun 2021 berdasarkan surat Menteri Dalam Negeri No. 440/2552/SJ tanggal 23 Maret 2020 perihal Pelaksanaan Musrenbang RKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2021.

"Ini merupakan tahun kelima, bisa juga tahun terakhir dari periode RPJMD Tapsel kurun waktu tahun 2016 - 2021, walaupun belum memuaskan semua pihak, tapi disisi lain sudah banyak kemajuan pembangunan yang telah dicapai khususnya indikator ekonomi makro," katanya.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan bahwa presentase penduduk miskin pada tahun 2016 sebesar 11,15%, tahun 2017 10,60%, tahun 2018 9,16% dan tahun 2019 sebesar 8,60%. Begitu juga tingkat penganguran mengalami penurunan dari tahun 2016 sebesar 5,90%, tahun 2017 5,80%, tahun 2018 5,28% dan pada tahun 2019 mengalami penurunan yang sangat signifikan yaitu 4,17%.

"Sedangkan infrastruktur jalan telah menyentuh segenap lapisan masyarakat, begitu juga infrastruktur irigasi telah mengalami kemajuan, dan sudah menjangkau kewilayah pelayanan yang lebih luas. Walaupun pada tahun 2019, merupakan tahun yang kurang menggembirakan dalam pertumbuhan ekonomi nasional sehingga mengalami penurunan 5,02% dari tahun 2018 sebesar 5,17%. Sementara RKPD tahun 2020 pertumbuhan ekonomi nasional diperkirakan 5,2 sampai dengan 5,5 persen," jelas Bupati.

Kata Syahrul apalagi bangsa ini sedang mengalami bencana nasional non alam yaitu Covid-19 yang sudah ditetapkan sejak 29 Februari 2020. Dengan demikian pemerintah memproyeksi angkat pertumbuhan ekonomi nasional hanya dikisaran 4,7 sampai dengan 5,0 persen, bahkan akhir-akhir ini diprediksi pertumbuhan ekonomi hanya 4%.

"Dengan demikian saya berharap kepada semua organisasi perangkat daerah agar menerapkan usulan kegiatan yang rasional dan fokus pada pencapaian indikator kinerja, utamanya disektor kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan. Pembangunan SDM juga diutamakan untuk program-program yang dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), untuk mengantisipasi bertambahnya pengangguran yang mungkin timbul akibat Covid-19 dengan melalui UMKM," ungkapnya.

Bupati juga menegaskan bahwa kita semua bisa lihat bahwa pertumbuhan ekonomi saat ini kurang menggembirakan, tentunya akan menjadi tugas dan tanggung jawab yang semakin besar, dengan demikian perlu adanya inovasi - inovasi baru yang cerdas, tekad yang kuat dan kompak serta semangat kebersamaan, tegas Syahrul.

Saya berharap pada pelaksanaan Musrenbang RKPD 2021 dapat menghasilkan rancangan RKPD Kabupaten Tapsel yang lebih berkualitas dengan tetap berpedoman kepada RPJMD tahun 2016-2021. Agar dapat memenuhi segala regulasi dan ketentuan yang mengatur tentang perencanaan yang telah ditetapkan, harap Syahrul.

Lanjut Syahrul, oleh karena itu pimpinan OPD harus lebih proaktif begitu juga dengan pemerintah desa/kelurahan harus dapat mengoptimalkan penggunaan dana desa/dana kelurahan yang bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat serta hindari program kegiatan yang kurang bermanfaat seperti kegiatan yang bersifat seremonial atau yang bersifat program rutinitas," pungkasnya.

Sebelumnya Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang dalam sambutannya menyampaikan, Musrenbang RKPD merupakan tahapan untuk melaksanakan kinerja pemerintah untuk tahun selanjutnya.

"Kami dari legislatif berfikir bahwa UU No. 23 mengamanahkan bahwa pemerintah daerah harus satu visi misi untuk merencanakan pembangunan kedepan, apalagi kita sedang dihadapkan dengan wabah Covid-19 dengan demikian akan mengalami kendala dalam menyusun RKPD tahun 2021. Oleh karena itu diharapan agar secara detail dalam menyusun perencanaan yang telah ditetapkan," katanya.

Turut hadir Wabup Tapsel Aswin Efendi Siregar, Sekda Tapsel Parulian Nasution, para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD dan Camat se-Tapsel. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: