Dinas Kesehatan Tapsel dan RSUD Sipirok Gelar Cek Kesehatan Calon Jamaah Haji

/ Selasa, 17 Maret 2020 / 15.43.00 WIB
                               
       

POSKOTASUMATERA.COM-
TAPSEL-

Ratusan  jamaah calon haji asal Kabupaten Tapanuli Selatan  mengikuti rangkaian pemeriksaan kesehatan.

 Pemeriksaan sekaligus vaksin meningitis di Rumah Sakit Umum Daerah Sipirok.

Direktur RSUD Sipirok Drg M.Firdaus Batubara di ruang kerjanya Selasa (17/3)  mengatakan pemeriksaan itu sebagai syarat untuk menjalankan ibadah haji ke tanah suci. Pemeriksaan kesehatan itu meliputi pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan nadi, tinggi badan, berat badan dan pemeriksaan laboratorium.

 Sedangkan untuk wanita usia subur, dilakukan tes kehamilan. Sementara semakin bertambahnya Calon Jamaah Haji di kabupaten Tapanuli Selatan  ini pemeriksaan akan diadaka selama 2  hari mulai tgl 17 s/d 18 Maret 2020 lanjut," Firdaus.

Selain itu, untuk calon jemaah haji yang butuh pengobatan lanjutan, akan dirujuk ke dokter spesialis di rumah sakit tersebut. ”Setelah semua tahapan general chek up selesai, maka jamaah akan diberikan vaksin meningitis. Kecuali bagi jamaah yang sedang mengandung,”terangnya.

”Ketika dinyatakan lolos, jamaah diberikan Buku Kesehatan Jamaah Haji (BKJH) yang kemudian diverifikasi ke sistem komputerisasi haji terpadu kesehatan,” katanya.
                                     


Dijelaskan Firdaus setelah melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh itu, terdapat beberapa jamaah calon haji melakukan pemeriksaan lanjutan untuk penyakit dalam. ”Beberapa jamaah juga ada yang dirujuk. Jamaah mendapatkan obat kesehatan supaya lancar dan sehat saat menunaikan ibadah haji,” ucapnya. (PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: