Kalapas Kelas IIA Bangkinang Tabur 10.000 Benih Ikan Patin

/ Kamis, 12 Maret 2020 / 16.13.00 WIB
Kalapas Kelas IIA Bangkinang Saat Menabur 10.000 Benih Ikan Patin. POSKOTA/NURMAN  

POSKOTASUMATERA.COM - BANGKINANG KOTA - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Bangkinang Sutarno didampingi sejumlah Staf melakukan Peneburan 10.000 ekor Benih Ikan Patin, serta melakukan Budidaya Kacang Hijau bagi warga Binaan Permasyarakatan di Lingkungan Lapas Kelas IIA Bangkinang, Kamis (12/3/2020).

Benih Ikan dimasukan langsung ke dalam kolam yang berukuran besar, sedangkan untuk Penanaman Kacang Hijau di letakan pada lahan yang sudah dibersihkan.

Sutarno mengungkapkan, bahwa kegiatan ini merupakan wujud Pembinaan Kemandirian untuk warga Binaan Kemasyarakatan atau Narapidana, sehingga dapat terampil dalam hal Budidaya Ikan ataupun Budidaya Kacang Hijau.

"Ini Kita berikan kepada warga Binaan ataupun Narapidana. Agar setelah nanti selesai menjalankan masa Pidana, para warga Binaan ini bisa melaksanakan kegiatan ini diluar", ujarnya. 

Sutarno juga mengatakan, Budidaya yang dilakukan Lapas Kelas IIA Bangkinang juga bertujan untuk memberikan edukasi ataupun bekal kepada warga Binaan tentang bagaimana cara berbisnis dalam dunia usaha di Bidang Budidaya ataupun lainnya. Ini juga merupakan program dari Lapas Kelas IIA Bangkinang.

"Apabila nanti setelah selesai menjalani masa Tahanan, warga Binaan akan mendapat bekal untuk diteruskan di luar sana, sehingga pemahaman tersebut bisa diterapkan dalam kehidupan sehari - hari", sebutnya.

Menurut Sutarno, Pemahaman bagaimana cara melakukan Pembinanan terhadap warga Binaan sangatlah penting, sebab hal itu dilakukan untuk bekal mereka ketika kembali kemasyarakat.

"Kita juga akan memberikan premi kepada warga Binaan apabila kegiatan tersebut memiliki hasil. Sehingga, apa yang dihasilkan oleh mereka, baik itu ilmu ataupun materi dapat menjadi modal untuk diterapkan dalam kehidupan sehari.

Sementara itu, salahsatu warga Binaan Alvit mengatakan, bahwa dirinya bersama warga Binaan lainnya sangat berterima kasih atas pembinaan yang di berikan oleh Lapas.

"Kami berterimakasih karna sudah banyak mendapatkan bekal dan ilmu dari pembinaan ini yang akan menjadi modal Kami untuk membuka usaha seperti ini ketika bebas nanti", ungkapnya. (PS/NURMAN)
Komentar Anda

Terkini: