Bersama Surianto SH, Danramil 10 ML Akan Bentuk Tim Relawan Lawan Covid 19 dan Atasi Dampaknya

/ Minggu, 19 April 2020 / 02.34.00 WIB




POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Komandan Koramil (Danramil) 10 ML Kapten Mustakim mewacanakan pembentukan tim Relawan guna mengatasi pemutusan mata rantai penyebaran virus corona serta mencari solusi antisipasi dampak sosial dan ekonominya bersama pemerintah setempat.

“Sesuai konsultasi kami dengan H Surianto SH dan beberapa tokoh tokoh masyarakat lain, maka kami akan menginisiasi pembentukan Relawan Lawan Covid 19 yang melibatkan seluruh elemen masyarakat guna lebih menyentuh ke masyarakat bawah,” ujar Perwira Pertama dengan pangkat 2  garis ini, Sabtu (18/4/2020) malam  usai menerima kunjungan Plt Walikota Medan.

Pria yang pernah di Kostrad ini mengaku akan mengedepankan budaya Guyub (berkumpul dan gotong royong,red) di wilayah kerjanya itu bersama dengan Kapolsekta Medan Labuhan dan Camat Medan Marelan serta Medan Labuhan yang akan bersama sama dengan elemen masyarakat diantaranya MUI, LPM, KNPI, Karang Taruna, Ormas dan OKP/ OKI serta PMI dan Pramuka bersama tokoh masyarakat dan pemuda di daerah yang dipimpinnya.

“Bersama Muspika akan kita berdayakan jiwa ‘Guyub’ yang memang telah memang menjadi ciri khas warga Medan Marelan dan Medan Labuhan untuk memberantas penyebaran Covid 19 dan mengantisipasi dampak sosial dan ekonomi bencana virus ini,” katanya.   

Peran Relawan Lawan Covid 19 lanjutnya, untuk menyampaikan intruksi pemerintah hingga ke masyarakat langsung atas kebijakan-kebijakan dalam mengatasi wabah corona dan melakukan upaya edukasi dan sosialisasi ke masyarakat guna dipatuhi.

“Relawan akan bekerja langsung ke masyarakat membantu pemerintah mengedukasi dan sosialisasi atas kebijakan pemberantasan virus corona serta menyampaikan kebijakan mengatasi dampak sosial dan ekonomi yang telah dibuat pemerintah,” katanya.

Dia mencontohkan antisipasi berkerumunnya warga, keluar rumah tak ada keperluan mendesak, keluar rumah tak pakai masker dan himbauan cuci tangan serta melapor diri jika menderita gejala Covid 19 akan menjadi pekerjaan utama Relawan Lawan Covid 19 yang dibentuk.

“Selain itu, membantu pemerintah mendata dan mengawasi penerima Bantuan Sosial, mengedukasi cara pendaftaran Kartu Prakerja dan kebijakan lain Pemko Medan, Pemprovsu dan Pemerintah Pusat adalah kewajiban bersama yang akan distrukturkan agar lebih teratur dan terarah,” tegasnya.

Ditempat yang sama H Surianto SH menyampaikan dukungan penuhnya atas kebijakan Danramil 10 ML yang memang sebelumnya telah berkonsultasi dengannya bersama Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda di daerah itu.

“Saya amat dukung langkah ini. Memang beliau selalu inovatif dan terbuka kepada kami kalau akan melaksanakan langkah kerja. 100 persen saya dukung Relawan Lawan Covid 19,” kata Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Medan ini.

Hal senada disampaikan Camat Medan Marelan M Yunus. Dia bersama jajaran akan mendukung sinerji jajaran Muspika dan masyarakat dalam mengatasi bencana mendunia Covid 19 ini. “Kami dukung itu. Akan kita dorong peran semua elemen bersama pemerintah mengatasi Virus Corona ini,” katanya.

Pengurus LPM dan PMI juga menyatakan dukungan serupa. Pengurus LPM Terjun Hafifuddin dan Pengurus PMI Medan Marelan Dian Wahyudi misalnya. Mereka mengaku siap berada di garda depan dalam membantu pemerintah dalam memutus mata rantai virus corona dan mencari solusi mengatasi dampak sosial dan ekonominya. (PS/ALFAN)

Komentar Anda

Terkini: