DPRD Samosir Minta Pemkab Tingkatkan Prasarana Pertanian

/ Sabtu, 25 April 2020 / 12.15.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - SAMOSIR - Dalam kunjungan lapanganya, Komisi II DPRD Samosir yang membidangi pertanian meninjau sejumlah lokasi tanaman padi yang ada di Samosir. Selain melihat langsung kondisi lapangan, juga sekaligus menampung aspirasi para petani. 

Ketua Komisi II DPRD Samosir, Pardon Lumban Raja bersama Wakil Ketua Polma Hasehaton Gurning dan anggota lainya langsung turun dari sawah ke kesawah yang ada di Samosir. Sambil melihat perkembangan tanaman padi, mereka juga mendengar keluh kesah para petani yang menjadi catatan bagi mereka.   

Polma H Gurnin mengatakan dari hasil amatan mereka dilapangan mencatat benerapa hal menjadi penyebab kurang dan gagalnya pertanian padi. Semua itu akan kita suarakan menjadi masukan ke Pemkab Samosir. 

"Kami menemukan sejumlah kendala bagi petani saat ini yakni prasarana pertanian yang belum tercukupi. Terlebih masih banyak petani yang menggantung tanaman kepada cuaca karena minimnya pengairan yang bangun. Sehingga seringkali gagal panen," ungkapnya.

Atas kondisi itu lanjut Politisi Nasdem itu, Kita nantinya akan mendorong Pemerintah Daerah  menambah pompanisasi dan irigasi sampai memadai. Karena minimnya prasarana pendukung membuat petani saat ini sering gagal panen. 

Banyak memang yang gagal panen, tetapi tidak sedikit juga yang berhasil. Seperti di Kecamatan Nainggolan dan Sianjur Mulamula, Harian, mudah mudahanlah hasil panen ditengah virus covid-19 saat ini bisa dikatakan lumayan memuaskan. Jelasnya. (PS/PARDIMAN LIMBONG)
Komentar Anda

Terkini: