Hindari Jenuh, Panik dan Krisis Ekonomi, Surianto SH Himbau Pemko Medan Terapkan Isolasi Mandiri Sesuai Tempat Terpapar Covid 19

/ Minggu, 19 April 2020 / 01.11.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Ketua Fraksi Partai Gerindra H Surianto SH meminta Pemerintah Kota Medan mampu lebih intensif dan terarah dalam mengatasi penyebaran Virus Corona dengan menghindari kejenuhan, kepanikan massal dan memikirkan kebutuhan hidup warga Kota Medan yang mengalami krisis ekonominya.

“Pencegahan penyebaran harus lebih terarah dengan melakukan isolasi mandiri kepada keluarga atau tetangga bagi warga yang terpapar Virus Corona dengan memenuhi kebutuhan hidup warga yang di isolasi serta melakukan pengawasan ketat melibatkan aparat hukum dan masyarakat setempat,” kata Anggota Komisi II DPRD Medan ini, Sabtu (18/4/2020) malam saat bersama Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, Kabag Tata Pemerintahan Pemko Medan Ridho Nasution dan Danramil 10 ML Kapten Mustakim usai apel penertiban kerumuman warga di Medan Marelan oleh Tim Gabungan Penanggulangan Covid 19 Pemko Medan di Lapangan Bola Pasar 5 Marelan.

Dijabarkannya, isolasi mandiri bagi keluarga dan tetangga warga yang terjangkit virus corona harus dengan memenuhi kebutuhan pokoknya dengan pengamanan aparat dan masyarakat dan dipantau tenaga medis agar tak lolos dan berbaur dengan masyarakat lain dengan jangka waktu sesuai anjuran ahli kesehatan.

Dijelaskan Butong sapaan akrab Politisi Partai Gerindra ini, berdasarkan aspirasi warga Kota Medan yang disampaikan kepadanya, telah terjadi kejenuhan, kepanikan dan kesulitan memenuhi kebutuhan ekonomi yang dialami warga atas status Sosial dan Physical Distancing yang ditetapkan secara menyeluruh di Kota Medan ini.

“Warga disuruh diam di rumah, kebutuhan hidup perlu dipenuhi, dunia usaha terpuruk, tingkat ekonomi warga ambruk. Timbul kejenuhan karena tak ada solusi mengatasi kebutuhan hidup. Warga panik. Maka harus ada solusi yang jelas serta mengatasi pemutusan mata rantai penyebaran Covid 19 tapi juga kesulitan sebagaian besar warga Kota Medan harus juga diatasi,” jabarnya di depan Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi.

Dilanjutkannya, Dengan menerapkan isolasi mandiri yang memenuhi kebutuhan warga akan mempersempit ruang 'Melawan Corona' hingga Pemko Medan dan warga mampu bergerak leluasa dalam mengatasi penyebarannya tanpa membebankan wilayah dan warga lain yang tak terdampak.   

Surianto berjanji akan mendorong kebijakan baik guna mengatasi penyebaran Virus Corona dan mengatasi dampak sosial dan ekonominya yang harus segera dilakukan Pemko Medan mendapat dukungan dari DPRD Kota Medan.

“Harus ada kebijakan yang tepat sasaran mengatasi penyebaran virus corona dan mengatasi dampak sosial dan ekonomi nya di tengah masyarakat. Kasihan 2 jutaan lebih warga Medan yang harus jeunh, panik dan hancur ekonominya atas 2.000 an warga lain yang dalam status PDP, ODP dan OTG serta yang terjangkit,” pintanya.

Dihimbau Surianto SH juga, aktivitas masyarakat ke luar rumah harus memakai masker guna menghindari terjangkit atau menjangkiti virus corona. “Guna masker jika keluar rumah. Selain itu tingkatkan rasa kebersamaan dan saling membantu dalam krisis wabah dan krisis kebutuhan warga saat ini,” himbaunya.


Menanggapi masalah ini, Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengatakan, langkah konkrit mengatasi penyebaran virus corona dan menyelesaikan dampak sosial dan ekonominya memang telah dirancangnya dengan melibatkan semua pihak.

“Kami sepakat dengan Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Medan. Pemko Medan sedang mengkaji langkah lebih konkrit berkonsultasi dengan Pakar Kesehatan, Ahli Ekonomi dan semua elemen guna menyesuaikan dengan kebijakan Pemerintah Pusat, Pemprovsu dan sesuai aturan yang berlaku terutama cocok dengan kondisi di Kota Medan,” papar mantan Anggota DPRD Kota Medan asal Fraksi PDI-P ini.

Akhyar amat menyadari kesulitan yang dialami warganya atas dampak sosial dan ekonomi dalam masa pandemi Covid 19 ini, namun dia yakin dengan kebersamaan masalah nya akan dapat diatasi dengan baik. "Saya tahu sekali apa yang dirasakan warga Kota Medan. Kita bersama akan bisa mengatasi bencana yang sedang melanda Indonesia ini," tegasnya.

Mantan Wakil Walikota Medan ini kembali menghimbau warga yang beraktifitas keluar rumah menggunakan masker sembari mengharapkan dukungan semua pihak terutama DPRD Medan membantu mencarikan solusi mengatasi semua masalah yang sedang dihadapi ini. (PS/DIAN WAHYUDI)

Komentar Anda

Terkini: