Periksa Kendaraan Keluar Masuk, Terminal Padang Bulan Rantauprapat Harus Difungsikan

/ Jumat, 17 April 2020 / 01.51.00 WIB

Poskotasumatera.com - Labuhanbatu - Antisipasi penyebaran Covid 19, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui Dinas perhubungan melakukan razia pemeriksaan kendaraan angkutan umum antar kota/provinsi, truk dan sejumlah kendaraan lain dari luar daerah. Kamis (16/4/2020).

Kegiatan pemeriksaan tersebut dilaksanakan di tiga titik pintu masuk Kabupaten Labuhanbatu. Yakni, di Pinang Lombang, perbatasan antara Kabupaten Labuhanbatu dengan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Kemudian di tugu berbatasan dengan Kabupaten Labuhanbatu Selatan Desa Gunung Selamat Kecamatan Bilah Hulu dan ketiga di wilayah Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir. 

"Kegiatan ini kita laksanakan di tiga titik pintu masuk Kabupaten Labuhanbatu,"kata Kepala Dinas Perhubungan Tuahta R Saragih.

Tuahta menjelaskan, pihaknya akan buat Posko di tiga titik tersebut. Di posko yang bakal dibuat akan melibatkan Tim Gugus Tugas Labuhanbatu. 

"Monitoring kendaraan dan melakukan verfikasi data kepada awak penumpang Mini Bus dan Mikro bus yang masuk ke Labuhanbatu. Kemudian membuat blanko data penumpang. Jadi, setiap penumpang yang turun akan kita data dan diperiksa kesehatannya. "jelas Tuahta.
Terminal Padang Bulan Rantauprapat
Sementara, Ketua DPD AMPI Labuhanbatu M Ruben Simangunsong SH melalui Wakil Sekretaris Bidang Hukum, politik, HAM dan kajian strategis Ricky Faerdinal SE mengatakan, terminal Padang bulan dapat diaktifkan/fungsikan kembali oleh Pemkab Labuhanbatu. Pemeriksaan secara rutin tentang antisipasi penyebaran wabah Covid 19 terhadap seluruh kendaraan dapat dipusatkan di terminal yang saat ini tidak berfungsi. 

"Sebaiknya Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu mengaktifkan terminal Padang bulan sebagai pusat pemeriksaan kendaraan dari luar kota/daerah. Seperti bus antar kota/provinsi, baik yang besar maupun yang kecil. Jadi, kedatangan maupun keluarnya warga dapat di data dengan mudah. Intinya terminal aktif seperti biasanya untuk kendaraan angkutan umum antar kota/provinsi," katanya.

Sedangkan untuk tiga titik posko yang bakal dibuat nantinya, bisa dijadikan tempat pemeriksaan kendaraan pribadi. Namun, jangan sampai mengganggu arus lalu lintas yang ada.  

"Posko-posko yang akan dibuat nanti untuk pemeriksaan kendaraan pribadi. Jadi, semua tim Gugus Tugas Covid 19 yang di Kecamatan dapat aktif menjalankan tugas dalam penanganan antisipasi penyebaran Covid 19. Untuk kegiatan ini, Tidak hanya Tim Gugus Tugas saja, diharapkan juga seluruh elemen masyarakat seperti unsur organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan dan lainnya yang ingin berperan serta dalam penanganan Covid 19 ini,"jelasnya. (PS/Red) 
Komentar Anda

Terkini: