Jumlah PDP di Asahan Bertambah

/ Jumat, 17 April 2020 / 08.41.00 WIB

POSKOTASUMATERA. COM -ASAHAN -Jumlah Pasien Dengan Pengawasan di Kabupaten Asahan bertambah 2 orang.


Adapun yang pertama. Adalah, pria berinisial RD,49, warga Kel. Sidomukti, Kec. Kota Kisaran Barat Kab. Asahan dan satu lagi seorang wanita, MPS (24), warga Desa Simpang Empat, Kec. Simpang Empat, anak dari ES yang merupakan anggota DPRD Sumut.


Hal ini disampaikan Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Asahan, yang juga Kadis Kominfo Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar dalam siaran persnya diterima wartawan, Kamis (16/4/20) sekira pukul 19.20 WIB.


"Rencananya keduanya akan dirujuk ke RS Martha Friska Medan malam ini," ujar Rahmat Hidayat.


Diterangkan Rahmat, untuk pria berinisial RD, diketahui sempat kontak langsung dengan almarhum SBB, mantan anggota DPRD Sumut, yang telah meninggal dunia beberapa waktu lalu.


"RD tadi siang datang ke Puskesmas Sidodadi, melakukan pemeriksaan kesehatan, karena menderita demam, batuk, dan sesak nafas. Saat dilakukan rapid tes di Puskesmas Sidodadi, pasien tersebut hasilnya negatif. Namun, saat dalam perjalanan kembali menuju rumah, kondisi kesehatannya menurun, sehingga pasien tersebut istirahat di warung di pinggir Jalinsum Sidomukti. Ketika ditemukan warga, pasien tersebut terlihat semakin lemah sehingga warga berinisiatif melaporkan hal tersebut ke Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Asahan," jelas Rahmat Hidayat.


Selanjutnya, masih dari Rahmat Hidayat, ditetapkannya MPS sebagai PDP, setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan dengan rapid tes di RSUD HAMS Kisaran terhadap 12 orang yang diketahui ada kontak fisik dengan ES (Anggota DPRD Sumut yang telah ditetapkan sebagai PDP).


Dan dari 12 orang tersebut, ternyata MPS yang hasil pemeriksaannya ditetapkan sebagai PDP. Selanjutnya, jelas Hidayat, sesuai dengan protokol Covid-19, tim medis menetapkan kedua orang itu sebagai PDP, dan rencananya hari ini akan dirujuk ke RS Martha Friska Medan, untuk perawatan dan pemeriksaan lanjutan.


Selanjutnya, untuk tindak lanjut langkah yang akan diambil Tim Gugus Tugas, Rahmat Hidayat menjelaskan, saat ini tim masih melakukan pendataan kepada keluarga pasien dan masyarakat yang melakukan kontak fisik kepada dua pasien tersebut, untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan.


Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada warga yang cepat tanggap dalam menghubungi petugas gugus tugas untuk mengevakuasi pasien.


Mengakhiri keterangannya, Rahmat Hidayat sampaikan untuk data terakhir Covid-19 di Kab. Asahan yakni, ODP sebanyak 67 orang, kemudian OTG (Orang Tanpa Gejala) 65 orang, PDP menjadi 4 orang, positif Covid-19 sebanyak 3 orang dengan korban meninggal 1 orang.


Untuk itu dirinya menghimbau masyarakat agar tetap disiplin dalam menerapkan pola hidup bersih sehat, cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah beraktifitas, menjaga kebersihan kondisi lingkungan rumah dan sekitarnya, memakai masker, membatasi kontak fisik dengan tidak bepergian keluar rumah bila tidak dalam kondisi terdesak, serta memperbanyak doa.


"Sesuai himbauan Bupati Asahan selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Asahan, kami mohon masyarakat tetap di rumah untuk keluarga dan Indonesia, biar kami diluar untuk anda dan Indonesia," akhir Rahmat. (PS/KHAIRUL)
Komentar Anda

Terkini: