Warga Masyarakat Hutabaru Siagian, Apresiasi Gagasan Kades Bisa Manfaatkan Air Bersih Tirta Bona Hasian

/ Sabtu, 25 April 2020 / 19.35.00 WIB
                         
                   
POSKOTASUMATERA. COM-
TAPSEL- Warga Masyarakat Desa Hutabaru Siagian Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapsel memberikan apresiasi Kepala Desa Muhlis Pohan berkat ide dan gagasannya bisa menikmati air bersih yang dihasilkan dari Tirta Bona Hasian. 

Pembangunan saluran air bersih (SAB) yang mana pembangunanya dari bendung dan bak penangkap sampai dengan bak penampung dengan volume kurang lebih 2500 meter.


Namun sebelumnya Karena air bersih tersebut sampai dengan bak penampung di pemukiman warga masih kurang tepat sasaran. 

Kepala Desa Hutabaru Siagian, Muhlis Pohan  mengambil kebijakan dengan mengusahakan bagai mana caranya agar seluruh warga merasakan arti pembangunan itu dengan mengupayakan agar air bersih tersebut sampai kesetiap rumah warga. 

Hal ini dikatakanya pada awak media online  dalam minggu ini di ruang kerjanya .
Alhamdulillah dari total jumlah 127 pengguna atau warga hari ini sudah teraliri dengan sambungan rumah air bersih tersebut walaupun itu kami laksanakan dengan cara step by step, dan saat ini sudah rampung di selesaikan sesuai target mengingat air bersih ini sangatlah dibutuhkan masyarakat pada saat bulan suci Ramadhan,"Ucapnya.


Lebih lanjut disampikan Muhlis Pohan, "penetapan untuk nama air bersih tersebut di sepakati Tirta Bona Hasian yang mengandung arti Tirta sama dengan air  Bona sama dengan Dasar atau Sumber dan Hasian merupakan gabungan nama  dua Desa Hutabaru dan Siagian yg menjadi satu Desa gabungan dan juga memiliki arti sayang atau holong dalam bahasa batak. Tirta Bona Hasian di artikan air yang bersumber dari dasar rasa sayang atau kebersamaan,"Ucap Muhlis.
                     
Diharapkan Pemerintah Desa dan pengurus Tirta Bona Hasian, kepada seluruh warga pengguna air bersih agar tetap tertip kran dengan menggunakan air seperlunya, menjaga dan merawat sambungan air bersih demi kesinambungan jangka panjang,"Harapnya.


Demi kelancaran Bumdes Tirta Bona Hasian membuat iuran bulanan air bersih seharga Rp.2500/ Minggu (Rp.10.000/bln) yang ditetapkan secara musyawarah di tahun 2018 lalu. 

Air bersihnya sudah di tetapkan menjadi Bumdes dengan nama Tirta Bona Hasian,"Pungkasnya.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: