Warga Rantauprapat Negatif Covid 19. Rajid Yuliawan : Masa Incubasi Tanpa Gejala

/ Kamis, 16 April 2020 / 11.11.00 WIB

 Poskotasumatera.com - Labuhanbatu - Viralnya warga kota Rantauprapat yang disebut-sebut terjangkit wabah Covid 19 yang beredar di media sosial, Tim Gugus Tugas Kabupaten Labuhanbatu langsung mendatangi kediaman warga tersebut untuk melakukan tes kesehatan. 

"Iya, Tim melakukan pengecekan dengan mengunjungi ke rumah warga tersebut,"sebut Plt Kepala Dinas Kominfo Labuhanbatu Rajid Yuliawan ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya. Kamis (16/4/2020).

Sampai dikediaman warga tersebut, Tim Gugus Tugas Covid 19 Labuhanbatu langsung melakukan tes kesehatan. Usai dilakukan tes kesehatan terhadap warga, Tim Gugus Tugas menyatakan tidak ada gejala yang khusus terkait Covid 19. "Hasil pengecekan Tim dilokasi ternyata negatif."ujarnya.

Rajid menjelaskan, warga yang di isukan terjangkit Covid 19, berawal dari informasi adanya seorang pria warga Kota Tebing Tinggi berusia sekitar 44 tahun yang terpapar Covid 19. Pria yang berasal dari kota Tebing Tinggi tersebut pernah berkontak langsung dengan warga Rantauprapat yang dikabarkan/isukan terjangkit Covid 19.

"Menurut riwayat perjalanan yang ada, warga Rantauprapat sempat berkontak langsung ke warga Kota Tebing Tinggi yang terpapar Covid 19. Sempat menginap di penginapan yang ada di kota Rantauprapat.  Sebelumnya memang Tim Gugus Tugas sedang melacak keberadaan warga kota Tebing Tinggi di Rantauprapat. Mendapat rekam jejaknya, Tim menulusuri siapa saja warga Labuhanbatu yang pernah berkontak langsung dengan pria asal kota Tebing Tinggi,"jelasnya.

Warga Labuhanbatu yang di isukan terpapar Covid 19, memiliki riwayat perjalanan dengan pria yang terpapar Covid 19 tersebut, saat ini masih dalam masa incubasi. 

"Warga yang di isukan terpapar Covid 19 ini, berstatus orang dalam pengawasan (ODP) tapi tanpa gejala. Karena, hasil tes kesehatan yang dilakukan tim medis negatif Covid 19."kata Rajid.

Untuk masyarakat Labuhanbatu, lanjut Rajid, pihaknya sangat berharap, masyarakat Kabupaten Labuhanbatu dapat menyaring informasi yang beredar. Baik secara lisan, maupun yang di tampilkan di media sosial. Dia juga meminta, terkait informasi penanganan Covid 19 dapat dilihat dalam link website Covid19 (http://covid19.labuhanbatukab.go.id).

"Dinas Kominfo sudah membuat website terkait informasi Covid 19. Di dalam website tersebut, ada live Chat yang kami berinama dr Covid Labuhanbatu. Di live chat tersebut, masyarakat dapat menanyakan langsung dengan Tim Gugus Tugas Labuhanbatu tentang perkembangan penanggulangan Covid 19 di Kabupaten Labuhanbatu,"ucapnya. (PS/Ricky)
Komentar Anda

Terkini: