GM PEKAT IB Desa Sei Apung Jaya: Kades Diminta Transparan Penerima Bantuan Covid-19

/ Minggu, 31 Mei 2020 / 17.05.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-ASAHAN
Transparansi data penerima Bantuan Sosial (Bansos),merupakan bagian dari hak publik yang diatur dalam perUndang-Undangan.
Namun, dengan begitu untuk menjaga trust (kepercayaan) masyarakat terhadap pemerintah desa (pemdes),dan juga kepercayaan maupun antar masyarakat sendiri perlu adanya keterbukaan apa pun informasi yang perlu di ketahui Masyarakat Desa.

Pemuda Desa Sei Apung Jaya,Reza Azhary meminta seluruh kepala desa di Desa nya untuk mengumumkan secara transparan daftar penerima bantuan sosial Bantuan Langsung Tunai (BLT)) terdampak Covid-19 yang bersumber dari Dana Desa.

“Bansos (bantuan sosial) untuk warga terdampak pandemi Covid-19 segera disalurkan. Sebelum itu, kami minta kepala desa untuk mengumumkan siapa saja warganya yang akan menerima,” kata Reza Azhary, Minggu,(31/5/20).

Dia menyebutkan, dalam kondisi wabah dimana banyak warga mengalami dampak kesulitan ekonomi, keterbukaan akan data bantuan sosial menjadi sangat dibutuhkan untuk menjaga kepercayaan masyarakat.

“Dengan transparansi data, masyarakat bisa mengoreksi jika ada tetangganya yang dinilai mampu tetapi menerima bantuan.

Begitu pula jika ada warga tidak mampu yang belum terdata, bisa dilaporkan ke pihak pemerintah desa,” ucapnya dengan tegas.

Sampai berita ini terbit,pihak Desa belum dapat di Konfirmasi akan ketranfaran dalam penyaluran bantuan Covid-19 untuk warganya sejauh mana.

Reza meminta agar sama merealisasikan informasi bagi masyarakat untuk lebih keterbukaan publik agar sasaran yang membutuhkan dan mendapatkan jelas sehingga tidak di selewengkan.

Pantauan wartawan,GM PEKAT IB Desa Sei Apung Jaya menaikkan spanduk bertuliskan meminta ke transfaran Pihak Desa nya untuk memberikan informasi.(PS/SAUFI)


Komentar Anda

Terkini: