Kenang Tradisi Lama, Remaja Musholla Al Ikhlas Lingkungan 14 Terjun dan Dusun 1 Pauh Lakukan Takbiran Serta Pawai Obor Keliling

/ Minggu, 24 Mei 2020 / 03.16.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Tradisi melakukan Takbiran berkeliling Kampung sambil berjalan kaki disertai dengan Pawai Obor, sudah jarang dilakukan sekarang-sekarang ini. Padahal kegiatan ini merupakan Kegiatan yang dulunya menjadi kegiatan rutin dalam menyambut datangnya bulan Syawal. Selain itu juga mengandung nilai-nilai positif bagi masyarakat sekitar sekaligus mengandung nilai Syiar agama buat seluruh Umat Muslim di wilayah itu.

Untuk melestarikan kegiatan yang sudah jarang dilakukan tersebut, Para Pemuda/i tergabung dalam Remaja Musholla Al Ikhlas Lingkungan 14 Kelurahan Terjun dan Dusun 1 Pauh Hamparan Perak sekitarnya, Sabtu (23/5/2020) melakukan Kegiatan Takbiran dan Pawai Obor keliling Kampung di sekitar Lingkungan Musholla Al Ikhlas. Kegiatan ini untuk menyambut datangnya bulan Syawal 1441 H.

Takbiran dan Pawai Obor keliling ini terlihat cukup meriah dan gegap gempita. Tampak Puluhan anggota remaja Musholla Al Ikhlas mengikuti Kegiatan tersebut. Dengan mengendarai becak untuk membawa beduk dan di iringi oleh puluhan anggota remaja Musholla sambil membawa obor dan mengumandangkan Takbir menambah meriah Kegiatan ini.

Kepada poskotasumatera.com, Alwi salah seorang anggota remaja Musholla serta juga sebagai Koordinator Kegiatan mengatakan, Kegiatan ini kami lakukan untuk kembali melestarikan budaya para pendahulu kita di kampung ini dalam menyambut datangnya bulan Syawal serta sebagai bentuk Syiar Agama . Selain itu juga sebagai langkah memupuk kekompakan diantara sesama anggota remaja Musholla serta masyarakat Linhkungan 14 Kelurahan Terjun dan Dusun 1 Pauh Hamparan Perak.


" Kegiatan ini selain memupuk kekompakan sesama anggota remaja Musholla, juga Masyarakat Lingkungan 14 Kelurahan Terjun dan Dusun 1 Pauh Hamparan Perak," ujar alwi.

"Walaupun di tengah wabah Covid 19 yang tengah melanda Dunia dan aturan penerapan Social Distancing oleh Pemerintah, namun kita bisa tetap merayakan datangnya bulan Syawal 1441 H tanpa harus melakukan pawai keliling keluar dari kampung kita ini," tambah renaja yang aktif dalam setiap kegiatan Keagamaan ini.

Kegiatan ini terlaksana atas " Partisipasi dari seluruh anggota remaja Musholla Al Ikhlas sendiri tanpa ada dukungan dari pihak lain. Insya Allah ini akan kita jadikan agenda tetap setiap tahunnya," Ucap alwi.

Setelah melakukan pawai keliling, tepat Pukul 22.00 Wib kegiatan yang dimulai Start dari halaman Musholla Al Ikhlas dan berakhir juga di Musholla Al Ikhlas.(PS/DIAN)




Komentar Anda

Terkini: