Pemdes Palopat PK Realisasikan BLT Dana Desa Tahap Pertama Kepada 197 KK

/ Kamis, 21 Mei 2020 / 17.29.00 WIB
                           


POSKOTASUMATERA. COM-
PADANGSIDIMPUAN-
 Pemerintah Desa (Pemdes) Palopat PK , Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara , Kota Padangsidimpuan  melakukan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa di Kantor KepalaDesa Palopat PK , Rabu (20/05).

Penyaluran BLT Dana Desa tersebut juga dihadiri babinsa, bhabinkamtibmas, pendamping desa selaku mitra desa, pendamping lokal desa serta tim relawan dari desa Palopat PK.

Menurut pemaparan dari kepala desa, sebelum BLT tahap pertama ini direalisasikan memang sudah dibentuk tim pendata, telah dilakukan musyawarah desa khusus untuk verifikasi, validasi serta penetapan calon penerimanya yang memang berhak dan memenuhi kriteria-kriteria calon penerima yang ditetapkan pemerintah.

"Pada hari ini kita merealisasikan pemberian BLT Dana Desa untuk tahap pertama, semua prosedur yang ada dari hal pendataan, penyepakatan dalam musyawah desa khusus hingga perlengkapan dokumen-dokumen pendukung lainnya hingga sampai pada pelaksanaan pencairan telah kita ikuti dan alhamdulillah semua berjalan lancar dan mudah-mudahan baik penerima maupun pemanfaatan BLT ini nanti memang sesuai dengan apa yang diharapkan pemerintah dalam mengahadapi pandemi covid 19 saat ini," kata Ricky Ovenzhi Hasibuan selaku Kades Palopat PK.

Untuk penerima BLT Dana Desa melalui Apbdes tahun anggaran 2020 yang bersumber dari Dana Desa ini sebanyak 197 KK pemanfaat, pemberian bantuan yang direncanakan pada saat ini dilakukan sebanyak tiga tahap, terhitung tahap pertama bulan April sampai dengan tahap 2 dan 3 terhitung untuk bulan Mei dan Juni dengan nominal pertahapnya Rp. 600.000 yang akan diberikan secara langsung kepada Kepala Keluarga (KK) penerima.

"BLT diberikan secara bertahap selama tiga bulan, untuk hari ini dipenyaluran untuk bulan April atau tahap 1, tahap 2 dan 3 pun akan secepatnya direalisasikan mengingat tahap pertama inipun penyalurannya sudah memasuki waktu untuk tahap 2," terang Kades.

Ditanya mengenai kesiapan pemdes Palopat PK  dalam membantu warga serta menghadapi wabah pandemi covid 19 kedepannya kepala desa Palopat PK menyampaikan selalu siap membantu dan mengayomi terutama warganya dalam memberikan bantuan lanjutan lainnya.

Untuk kedepannya pemerintah desa akan selalu siap mengikuti instruksi-instruksi dari pemerintah dalam menghadapi pandemi ini dan pemdes berharap keadaan wabah covid 19 ini segera berakhir," sampai Ricky.(PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: