Bupati Asahan Hadiri Penanaman Padi Sawah Di Desa Serdang Kecamatan Meranti

/ Jumat, 12 Juni 2020 / 19.49.00 WIB

POSKOTASUMATERA. COM -ASAHAN -Bupati Asahan H. Surya, BSc bersama dengan Asisten I Pemerintahan Drs. Jhon Hardi Nasution, Asisten II Ekbang Drs. Bambang HS, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Kominfo dan beberapa OPD serta Camat dan unsur Forkopimcam  Laksanakan Tanam Serentak Padi Sawah di Desa Serdang Kecamatan Meranti,Jumat(12/6/20).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Asahan Ir. Oktoni Erianto, MMA dalam laporannya mengatakan  bahwa pelaksanaan Gerakan  Tanam  Serentak Padi Sawah yang dilakukan pada hari ini adalah  dalam rangka mendukung Program Swasembada Pangan berkelanjutan.

Lebih lanjut Oktoni mengatakan dengan pelaksanaan Gerakan Tanam Serentak ini diharapkan adanya Sinergitas Positif antara semua pemangku kepentingan baik Eksekutif, Legislatif, Swasta serta seluruh komponen masyarakat khususnya petani yang menjadi ujung tombak keberhasilan pembangunan sektor pertanian.

Oktoni juga menyampaikan untuk tahun 2020 telah direalisasikan bantuan benih padi untuk lahan seluas 2.025 Ha yang bersumber dari dana APBN 1600 Ha, APBD Propinsi 100 Ha dan APBD Kabupaten Asahan 325 Ha.

Sementara itu Bupati Asahan H. Surya, BSc dalam sambutannya menyampaikan komitmen Pemerintah RI sangat serius dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor  strategis ekonomi domestik dengan menitik beratkan pada kedaulatan pangan dan mensejahterakan petani.

“ Saat Pandemi Covid 19 sekarang ini, Pemerintah dihadapkan pada dua tantangan besar disektor pertanian yaitu mencukupi pasokan pangan dengan harga terjangkau disisi lain kesejahteraan petani juga harus diperhatikan" ucap H. Surya.

Bupati juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Pertanian terus melakukan  upaya peningkatan produksi sebagai upaya percepatan Swasembada Pangan, upaya tersebut diwujudkan dengan membangun jaringan irigasi dari Sei silau untuk menaikkan debit air sungai bunut dan pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan sumber air untuk persawahan di Kecamatan meranti dan Kecamatan Rawang Panca Arga.

Selanjutnya  H. Surya BSc juga  menyampaikan harapannya kepada petani di Kabupaten Asahan Khususnya Kecamatan Meranti dan Kecamatan Rawang Panca Arga untuk tetap mempertahankan Lahan Pertaniannya.

Sedangkan untuk menghindari Penyebaran Covid 19  H. Surya berpesan untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan dengan Tetap memakai Masker, Jaga Jarak dan upayakan sesering mungkin Cuci Tangan Pakai Sabun.

Mengakhiri sambutannya Bupati menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menggunakan Hak Pilihnya dengan mendatangi TPS pada Perhelatan Pemilukada Kabupaten Asahan  yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 9 desember 2020.(PS/KHAIRUL)
Komentar Anda

Terkini: