Bupati Dairi Pimpin Apel Bersama Forkopimda Untuk Penerapan Protokol Kesehatan

/ Kamis, 04 Juni 2020 / 21.59.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-DAIRI-Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu pimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka penerapan protokol kesehatan yang dilaksanakan di Halaman Makodim 0206 Dairi pada Kamis (4/6/2020).

Acara itu dihadiri oleh Dandim 0206 Dairi Letkol. Arh. Hadi Purwanto, SH, perwakilan POLRES Dairi, perwakilan DPRD , Pimpinan OPD Kabupaten Dairi serta Satuan Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi.

Bupati Dairi dalam arahannya, pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia saat ini menjadi tantangan besar bagi seluruh manusia untuk menunjukkan kualitas diri sebagai wujud sosial. Pada masa pandemi yang terjadi saat ini, manusia dituntut untuk mengembangkan semangat berbagi dan meninggalkan sifat egoisme sektoral dalam diri dan kehidupan sosial mereka.

“Hubungan timbal balik antar sesama sangat tergantung dengan kesehatan yang kita miliki, ketidak pedulian seseorang dalam usaha pencegahan Covid-19 akan sangat berpengaruh besar terhadap peningkatan jumlah warga yang terpapar virus Covid-19.
Pemerintah secara keseluruhan melaksanakan tugas dan meyakinkan masyarakat bahwa pemerintah sedang berusaha menghentikan penyebaran virus covid-19.

“Gugus tugas Kabupaten Dairi bersama Gugus Tugas Kabupaten lain memiliki tanggung jawab dalam penegakan disiplin masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan sesuai kebijakan Pemerintah dengan berpedoman kepada protokol penanganan wabah covid-19, Surat Edaran Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. HK 02. 01 Menkes / 335 Tahun 2020 tentang protokol pencegahan Covid-19 di tempat kerja, sektor jasa, perdagangan atau areal publik dalam mendukung keberlangsungan usaha.

Lebih lanjut dikatakan,kegiatan apel gelar pasukan dalam rangka penerapan protokol kesehatan sebagai tindak lanjut surat Pangdam Bukit Barisan pada 1 Juni 2020 yang lalu tentang pelaksanaan pendisiplinan penerapan protokol kesehatan di wilayah yang menjadi prioritas pelaksanaan sesuai jadwal yang telah ditentukan, diantaranya melaksanakan kegiatan operasional di pusat keramaian yang menjadi prioritas seperti di ruang publik, sarana dan transportasi umum, halte , terminal, mall, pasar, tempat rekreasi, tempat ibadah dan sebagainya sesuai dengan kebijakan Pemerintah.

Dalam pelaksanaan operasional ini seluruh personil menggunakan pakaian dan perlengkapan satuan tanpa senjata, menggunakan tanda pengenal dan alat pelindung diri, temasuk pelaksanaan penerapan protokol kesehatan,mengacu pada arahan pelakasaan yang baik, persuasif, humanis, merangkul tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan lainnya.

Diharapkan bagi personil cepat tanggap dan melaporkan perkembangan sejak dini setiap perkembangan yang terjadi serta melaksanakan koordinasi antar gugus tugas yang telah dibentuk dan disepakati bersama tentunya akan sesuai dengan harapan kita bersama, “tegas Bupati Dairi.

Akhirnya dalam sambutannya,sebagian besar di wilayah Indonesia telah menerapkan New Normal dikarenakan wilayah tersebut telah masuk dalam Kawasan zona hijau sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat, saat ini Kabupaten Dairi masih terdapat satu orang ODP sehingga membuat Kabupaten Dairi belum 100% dalam zona hijau. Harapkan akan dukungan dari seluruh masyarakat agar warga yang ODP tersebut akan selesai masa isolasinya dalam beberapa ke depan sehingga nantinya Kabupaten Dairi perlahan bisa masuk dalam Kawasan zona hijau.

“Salah satu kunci kesuksesan pencegahan covid-19 ini adalah protokol kesehatan dan disiplin kita semua masyarakat khususnya di Kabupaten Dairi, keputusan Kabupaten Dairi akan New Normal atau tidak harus melalui sebuah kajian dan keputusan akhir akan ditentukan oleh Pemerintah Pusat” ungkap Bupati Eddy Keleng Ate Berutu.

Sementara itu, Dandim 0206 Dairi Letkol. Arh. Hadi Purwanto, SH dalam kesempatan yang sama mengatakan Apel gelar pasukan ini diadakan mengingat akan ada wacana dilaksanakannya penerapan New Normal di Kabupaten Dairi. Pelaksanaan New Normal tersebut dikatakan Dandim 0206 Dairi harus memerlukan kajian yang sangat mendalam serta perlunya disiplin masyarakat.

“Oleh karena itu persiapan ke arah sana perlu adanya kita memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang disiplin yang tinggi penerapan protokol kesehatan apabila nanti penerapan New Normal ini dilaksanakan,” ucap Dandim 0206 Dairi.(PS/K.TUMANGGER)



Komentar Anda

Terkini: