Jaga Ekosistem Biota Laut Rutin Dilakukan Angkatan Laut TB-A Di Perairan

/ Jumat, 26 Juni 2020 / 16.24.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-TANJUNGBALAI
DanLanal Tanjungbalai Asahan (TB-A) Letkol Laut (P) Dafris Mengerahkan personil Angkatan Laut menuju Pulau - Pulau yang berada di perairan Laut Asahan seperti Pulau Salah Nama, Pulau Berhala dan Pulau Pandang.

Hal itu guna memeriksa keadaan terumbu karang buatan sebagai menjaga ekosistem biota laut,sekaligus menertibkan para pengunjung dimasa New Normal agar tetap menjalankan Protokoler Kesehatan Covid-19.


DanLanal TBA Dafris menjelaskan "Bukan hanya sekali ini saja,giat ini sudah menjadi salah satu rutinitas kami sebagai Angkatan Laut.

Disamping Tupoksi kami yang bertugas sebagai penjaga keamanan Laut."Kami juga melakukan kegiatan penanaman terumbu karang buatan atau yg disebut Homefond yang bertujuan agar ikan - ikan  dan biota laut yang berada di pualu - pulau kita tidak pergi kemena - mana dan berkembang disana,"ucap Danlanal TB-A,Letkol Laut (P)Dafris. 

Saya menugaskan Paspotmar Kapten Philifus, PasIntel Kapten Jordan, Dandempomal Kapten M. Damanik, Pasops Lettu Arya Meiko dan beberapa Perwira dan pesonil AL lainnya untuk melakukan tugas pelestarian Alam dengan maksud menjaga ekosistem biota laut sekaligus penertiban para pengunjung di beberapa Pulau yang menjadi salah satu tempat favorit Wisata saat ini. Kata DanLanal. 


Sementara itu  sepulangnya dari Pulau Pandang,Dandenpomal Kapten  Marwansyah Damanik  juga mengatakan Iya sesuai instruksi dan perintah dari DanLanal, hari ini Paspotmar Kapten Philifus,dan saya dan beberapa personil Angkatan Laut lainnya melakukan penyelaman untuk menanam terumbu karang buatan dan mengecek perkembangannya yang sudah ditanam sebelumnya. 

Alhamdulillah,terumbu karang yang sudah ditanam sebelumnya itu sudah tumbuh dan berkembang danmulai dipenuhi oleh ikan - ikan kecil.

"Kami akan terus berupaya agar ekosistem biota laut dan ikan - ikan tidak pergi kedaerah lain,agar para nelayan kita juga kedepan nanti tidak perlu jauh - jauh untuk mendapatkan hasil tangkapan ikan,"ujar Dandenpomal,Kapten Marwansyah Damanik.


Kapten Laut (P) Philifus menambahkan, disamping itu kami juga melakukan penertiban dan himbauan bagi para pengunjung yang berwisata di beberapa Pulau, agar tetap menjalankan protokoler Kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker,dan mencuci tangan sekalipun Pemerintah sudah menyatakan New Normal.(PS/SAUFI)
Komentar Anda

Terkini: