Kabupaten Dairi Siap Untuk Digitalisasi Peningkatan Kesejahteraan Petani

/ Jumat, 26 Juni 2020 / 23.07.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-DAIRI-Kabupaten Dairi Siap untuk digitalisasi peningkatan kesejahteraan petani,melalui pemotongan jalur distribusi bersama Agretail.id. Hal itu disampaikan oleh Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu saat mengikuti Web Seminar (webinar) lewat video conference yang diadakan oleh Direktorat Pengembangan Ekonomi Lokal Kementrian Desa pada Jumat (26/6/2020).

Dikatakan,sebelum covid-19 melanda seluruh daerah di Indonesia tanpa terkecuali di Kabupaten Dairi, Pemerintah Kabupaten Dairi telah banyak melakukan kerjasama dalam rangka memperbaiki hasil produksi serta meningkatkan produktifitas pertanian dengan menerapkan smart farming.

“Pengembangan produksi Kopi Sidikalang kami lakukan dengan baik, mulai dari packing (kemasan) dan sudah kami pasarkan hingga ke beberapa daerah bahkan hingga ke manca negara,”.
Namun, setelah covid-19 melanda seluruh daerah, seluruh aktifitas khususnya di bidang pertanian menjadi ikut terhenti untuk sementara waktu,dan  Pemkab.Dairi lebih banyak melakukan fokus kepada penanganan covid-19. Ditengah pandemi covid-19 yang sedang melanda, juga melakukan upaya untuk kembali meningkatkan produktifitas pertanian di Dairi,karena “78% masyarakat adalah bertani.

Disamping itu masyarakat mempunyai tanaman holtikultura, tanaman yang beragam seperti sayur, cabai, bawang bahkan hingga buah durian yang juga sangat terkenal akan rasa dan nikmatnya dan perkebunan kopi maupun cokelat dan jeruk” papar Bupati.
Harapan adanya dukungan dari Kemetrian Desa serta dari pihak start up seperti Agretail.id sehingga mampu memberikan semangat yang baru dalam peningkatan produksi dan produktifitas pertanian ujar Eddy Berutu.

Sebelumnya Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Samsul Widodo dalam webinar tersebut mengatakan pihaknya berharap kepada Agretail.id untuk dapat memperpendek jalur distribusi serta dapat membantu dalam proses pemasaran produk.
Samsul Widodo mengatakan sangat menyambut dengan baik upaya yang dilakukan oleh Agretail dimana Agretail nantinya sebagai wadah bagi para petani untuk membantu memasarkan produk pertaniannya.

Sementara itu CEO Agretail.id Rihsan Awaludin mengatakan semenjak Februari 2020 Agretail sudah merambah ke beberapa kota di Indonesia dan disambut baik oleh para pengusaha di beberapa kota, Agretail hadir ditengah tengah masyarakat petani untuk menyerap seluruh produk pertanian yang berbasis dengan agro.

Disebutkan, bekerjasama dengan berbagai start up yang ada di Indonesia seperti Tokopedia, BliBli dan Shopee sehingga potensi produk petani yang ada di suatu desa bisa tembus ke pasar lokal maupun internasional. “Yang sudah dijajaki kerjasama saat ini adalah dengan Tokopedia dan  ada di Bogor dan Bandung,” ucapnya.

Dalam acara itu turut hadir  Plt. Kepala Dinas Pemerintahan dan Desa Kabupaten Dairi Junihardi Siregar, Plt. Dinas Pertnaian Kabupaten Dairi Bintoha Angkat, Camat Sidikalang Robot Simanullang, Camat Parbuluan Rafael Siringo-Ringo, Camat Sitinjo Nelfita Tanjung serta PPL Dinas Pertanian Kabupaten Dairi.(PS/K.TUMANGGER)


Komentar Anda

Terkini: