Kunker Ketua DPRD Sumut Dalam Rangka Kepengawasan Bantuan Sembako Dari Provsu

/ Jumat, 12 Juni 2020 / 05.43.00 WIB

"Pertemuan Bupati Dairi dengan Ketua DPRD Sumatera Utara di Kantor Bupati"
POSKOTASUMATERA.COM-DAIRI-Dalam Kunjungan Ketua DPRD Provinsi Sumatera ke Kabupaten Dairi dalam rangka pengawasan penyaluran bantuan sembako dari Provinsi Sumatera Utara dan Bantuan Langsung Tunai yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi dalam menghadapi masa pandemi Covid-19.

Pemkab.Dairi menerima kunjungan Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara pada Kamis (11/6/2020) di Ruang Kerja Bupati dan disambut selaku Ketua DPRD-SU, Drs. Baskami Ginting bersama dengan Wakil Ketua DPRD Rahmansyah Sibarani (Nasdem), Anwar Sani Tarigan (PDIP), Viktor Silaen (Golkar), Jubel Tambunan (Nasdem), Sumihar Sagala (PDI-P), dan Ingan Amin Barus (Gerindera).

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Anwar Sani Tarigan yang berasal dari Dapil XI mengapresiasi langkah Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dalam penanganan covid-19,berharap segera masuk ke zona hijau seperti daerah yang sebelumnya ditetapkan oleh gugus tugas pusat. Anggota DPRD lainnya menyampaikan tentang permasalahan data, pembenahan RSUD Sidikalang dalam memasuki new normal dan stimulus ekonomi untuk UMKM.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan,hal pembagian bantuan kepada masyarakat yang terdampak covid-19. Perangkat Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas dikatakan telah bekerja keras untuk melakukan perbaikan data ini, namun karena data dasar merupakan data lima tahun yang lalu, tentu ditemukan beberapa kendala.

Pemkab.Dairi sedang bekerja untuk menyiapkan database melalui aplikasi yang digunakan saat ini.“Kita berharap data penyaluran tahap I ini dapat menjadi data awal pemutakhiran sehingga untuk penyaluran tahap II akan menjadi lebih sempurna.

Dengan penggunakan aplikasi berbasis internet yang digunakan akan dapat meminimalisir resiko salah sasaran dan tepat dalam pelaporan,“Saya mengusulkan dalam bentuk tunai, untuk meminimalkan masalah logistik dan biaya pendistribusian juga agar dapat menambah belanja dan daya beli masyarakat Kabuapten Dairi.

Selanjutnya, dalam hal persiapan untuk memasuki New Normal, Beliau menyampaikan akan mengkaji sebuah regulasi untuk bisa mengawasi kedatangan orang dari luar Kabupaten Dairi khususnya dari wilayah zona merah. Beliau ingin memastikan setiap para pendatang dari luar Kabupaten Dairi yang masuk, tidak terpapar covid-19.

Beberapa kebijakan juga telah dilakukan,Pemkab.Dairi bersama dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 , hal pencegahan seperti memberlakukan ibadah di rumah, pembatasan jam operasional pasar dan rumah makan, pemantuan ODP dan OTG yang melakukan karantina mandiri serta melakukan penyesuaian jam kerja dilingkungan Pemerintah Kabupaten Dairi. Mendirikan pos pemeriksaan di setiap perbatasan wilayah Kbaupaten Dairi, rumah singgah isolasi di Taman Wisata Iman, pendirian pos Desa dan sosialisasi protokol kesehatan.

“Ditengah keterbatasan yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Dairi melalui gugus tugas telah melakukan berbagai upaya demi mencegah penyebaran Covid-19 semakin luas,” ungkap Bupati.

Sebelumnya Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi memaparkan tentang penyaluran berbagai bansos di Kabupaten Dairi. Pemerintah Kabupaten Dairi telah menyalurkan berbagai macam bantuan diantaranya Bantuan Sosial Tunai dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial dengan target 19.735 KK dan yang masih terealisasi sebanyak 17.841 KK; Bantuan Sosial Tunai APBD dengan target 3.921 KK realisasi 3.706 KK; Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dengan terget 15.500 KK terealisasi sebanyak 16.785 KK dan juga bantuan Sosial Sembako yang berasal dari pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan target 32.146 KK terealisasi sebanyak 17.550 KK.

Bantuan yang belum terealisasi tersebut dikarenakan beberapa kendala di lapangan diantaranya, penentuan calon penerima antara DTKS dan Non DTKS, ketidakpastian waktu pengiriman sembako dari Provinsi, terbatasnya biaya pendistribusian dan biaya operasional pembagian bantuan sembako, serta kesulitan pendistribusian yang disebabkan oleh lokasi yang tidak dapat dijangkau oleh kendaraan maupun belum memiliki sarana akses jalan menuju lokasi pendistribusian.
Akhir pertemuan Bupati menyerahkan cinderamata kepada rombongan DPRD Sumatera Utara dan dilanjutkan makan siang bersama di Pendopo Bupati Dairi.(PS/K.TUMANGGER)


Komentar Anda

Terkini: