Bunda Paud Kab.Dairi Lakukan Dialog Interaktif Melalui Vidcon kepada BP-Paud dan Dikmas Provsu

/ Jumat, 03 Juli 2020 / 13.30.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM : Apresiasi Kepala Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP-Paud dan Dikmas) Provinsi Sumatera Utara Dr. Hj. Ulfa Maria, M.Pd kepada Bunda Paud Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu saat mengadakan dialog interaktif melalui video conference (vidcon) pada Kamis (02/07/2020).

Dialog interaktif diikuti oleh seluruh Bunda Paud Kecamatan yang ada di Kabupaten Dairi serta,membahas tentang langkah metode pembelajaran Paud yang dilakukan selama pandemi covid-19. Apresisasi yang disampaikan oleh Kepala BP-Paud dan Dikmas tersebut kepada Bunda Paud Kabupaten Dairi karena, dalam pantauan selama ini sangat aktifnya Bunda Paud Kab.Dairi, dalam memajukan Paud. “Bunda Paud sangat aktif untuk turun melakukan pembinaan terhadap anak-anak Paud,sanagat memperhatikan dan inilah yang harapkan sehingga pendidikan anak usia dini di seluruh daerah dapat terlaksana dengan baik,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala BP-Paud dan Dikmas Provinsu mengatakan,Paud di Kab.upaten Dairi agar secara rutin memperhatikan dan melakukan update terhadap Data Pokok Pendidikan (Dapodik) karena dapodik ini sangat mempengaruhi dalam pemberian atau penyaluran BOP, seperti disampaikan Bunda Paud Kabupaten Dairi sebelumnya. “Anak-anak harus terdaftar di satuan pendidikan supaya anak itu terekam di data dapodik. Data dapodik ini nantinya salah satu fungsinya adalah untuk pemberian dana BOP Paud”.

Terkait dengan kendala dalam pendaftaran jumlah murid,dikatakan diperlukan peran dari Bunda Paud masing masing daerah,memberikan himbaun ataupun mengadakan pertemuan bahkan jika diperlukan agar membuat surat edaran Bupati agar anak-anak yang berumur usia dini (maksimal 5-6 tahun) untuk masuk dalam lembaga paud,ujarnya.

Pada kesempatan itu juga Bunda Paud Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu  mengatakan, pembelajaran kurikulum dimasa pandemi covid-19 ini sangatlah penting untuk dipahami bersama, Paud Dairi telah mendapat arahan dari Pemkab melalui Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu agar melakukan pembentukan pokja pembelajaran jarak jauh dalam jaringan.

Ada beberapa dinas terkait akan tergabung dalam pokja,seperti yakni Dinas Kominfo Kab.Dairi untuk penyediaan jaringan; Dinas Pendidikan Kab.Dairi untuk kurikulum online dan Dinas Pemerintahan Desa Kab.Dairi untuk pemanfaatan penggunaan anggaran dana desa. Sedangkan Kabupaten Dairi belum seluruhya Paud mendapatkan dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Paud. Kiranya ada kerjasama antara Paud dengan seluruh Kepala Desa untuk menyisihkan sebagian anggaran dana desa yang akan diperuntukkan bagi keperluan Paud.

Dengan adanya penggunaan anggaran dana desa untuk keperluan Paud, Dairi sudah siap memulai tahun ajaran baru yang akan dimulai 13 Juli 2020 dengan cara belajar yang baru baik dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring). 

Kurikulum di tahun ajara baru nanti masih sama seperti kurikulum sebelum adanya covid-19, namun sistem pelaksanaannya yang harus disesuaikan dengan melakukan kerjasama antara Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi dan Himpaudi Kabupaten Dairi.  “Misalnya dalam kurikulum tentang pembelajaran diriku yang akan berlangsung beberapa minggu untuk memperkenalkan panca indera kepada anak-anak. Bentuknya dibuatkan ke dalam video, kemudian dikirim kepada para orang tua dan para orang tua yang akan membantu melakukan pembelajaran kepada anak-anak mereka,” ujar Bunda Paud.

Untuk jumlah murid Paud yang sudah mendaftar hingga saat ini, Bunda Paud mengatakan berdasarkan masukan dari beberapa tutor Paud bahwa para tutor atau penyelenggara Paud harus mengunjungi para orang tua ke setiap rumah agar mengajak anaknya masuk ke dalam Paud. “Ini yang menjadi tantangan kita ke depan dan kita carikan cara komunikasi yang baik kepada orang tua. Kita siapkan kurikulum dan kita jelaskan kepada orang tua sehingga pembelajaran dari rumah bersama anak anak dapat berjalan dengan baik,” pungkas Bunda Paud Kabupaten Dairi.

Turut hadir dalam dialog interaktif tersebut mendampingi Bunda Paud Kabupaten Dairi perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi. (PS/K.TUMANGGER)

Komentar Anda

Terkini: