Desa Kentara,Desa Sempung Polling Dapat Bantuan Pupuk Organik dan Tanaman Kelapa Istimewa

/ Jumat, 17 Juli 2020 / 21.33.00 WIB


POSKOTASUMATER.COM-DAIRI-Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu membagikan bantuan pupuk organik tanaman kelapa genjah varietas pandan wangi kepada kelompok tani yang ada di Desa Kentara dan Desa Sempung Polling, Kecamatan Lae Parira pada Jumat (17/7/2020).

Pembagian bibit tersebut dilaksanakan di kantor Kepala Desa Kentara yang turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi Ir. Efendi Berutu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Dairi Drs. Junihardi Siregar, M.M, Kepala Seksi Pengawas Pengembangan Usaha Perbenihan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Lismawati S.Pt, M.Si, Camat Lae Parira Nelson Saragih serta Kepala Desa se-Kecamatan Lae Parira.

Bupati menyampaikan ucapan terimakasih Pemprovsu memilih Kabupaten Dairi khususnya Desa Kentara dan Desa Sempung Polling untuk membagikan pupuk organik tanaman kelapa yang istimewa tersebut. “Mari kita buktikan pilihan itu tidak salah, dipercayakan kepada kita marilah kita tunaikan kepercayaan ini,”ungkapnya.

Untuk ke depan,penentuan harga untuk kelapa tersebut harus mulai dipikirkan dimana harganya harus lebih bagus dari pada jenis buah kelapa yang lainnya sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi para petani.“Jika nilai tambahnya ada bagi para petani, maka sejahteralah para petani kita di masa-masa yang akan datang”.

Sebelumnya, Kepala Seksi Pengawas Pengembangan Usaha Perbenihan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara mengatakan untuk tahap awal sebelum bibit kelapa genjah varietas pandan wangi dibagi, pupuk organik ini harus diterapkan terlebih dahulu. Untuk bibit kelapanya, Ia menuturkan akan mengupayakan secepatnya jika proses dapat berjalan dengan baik bibit kelapa akan sampai di Kabupaten Dairi pada bulan Agustus 2020.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi dalam laporannya mengatakan,penerima bantuan pupuk organik tersebut terdapat 2 desa, yakni Desa Kentara dan Desa Sempung Polling dengan jumlah penerima sebanyak 40 KK. “Yang diberikan hari ini adalah pupuk organik yang jumlahnya sebanyak 1 ton dan bibit akan diserahkan pertengahan bulan Agustus.

Pupuk organik ini sebagai pupuk dasar agar benar-benar dipergunakan dengan baik, ketika nanti bibitnya akan ditanam, pupuk organiknya sudah ada sehingga kita harapkan keberhasilan akan tanaman kelapa ini dapat kita rasakan hasilnya,” ujar Kepala Dinas.
Untuk jumlah tanaman kelapa yang ada di Kecamatan Lae Parira, Ia katakan terdapat sebanyak 5.000 batang dengan luas diperkirakan 50 hektar. Untuk jumlah produksi Ia katakan bisa mencapai 600 kg per tahun setiap hektar dengan jumlah petani kelapa sebanyak 215 orang.

Para kelompok tani mengucapkan terima kasih kepada Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu yang langsung memberikan bantuan tersebut.(PS/K.TUMANGGER)

Komentar Anda

Terkini: