DPRD Samosir Koordinasi Pengembangan UMKM

/ Sabtu, 11 Juli 2020 / 17.20.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - SAMOSIR - Untuk pengembangan dan pengelolaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Komisi II dan Pimpinan DPRD Kabupaten Samosir bersama Diskoperindak Pemkab Samosir berkunjung ke Tenun ulos yang ada di Muara Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sabtu (11/7).

Kunjungan mereka untuk konsultasi dan koordinasi dalam pengelolaah dan pengembangan UMKM ke Desa Hutanagodang itu disambut oleh Kadis Koperindag Taput, Ketua Sanggar tenun dan Kepala Desa setempat.

Kunjungan yang dipimpin langsung Ketua DPRD Samosir Saut Martua Tamba mengatakan bahwa ilmu dan tehnik yang dilakukan kelompok tenun ulos itu akan menjadi bahan dalam kebijakan dalam pengembangan UMKM di Kabupaten Samosir khususnya tenun ulos. 

Selain bertujuan peningkatan ekonomi, Pengelolaan Tenun ulos juga merupakan salah satu upaya untuk melestarikan dan menjaga warisan budaya leluhur kita, serta mengangkat nilai dan mempromosikan ulos agar lebih dikenal dibelahan dunia. 

Ketua Komisi II DPRD Samosir, Pardon Lumbanraja mengapresiasi sinergi antara pemerintah dan kelompok dalam mengembangkan UMKM tersebut. Dengan harapan di Samosir juga dapat diterapkan untuk perkembangan ekonomi dan nilai budayanya. 

Dalam kesempatan itu, Ketua Sanggar tenun, Marco Panggabean menjelaskan ulos yang ditenun terdiri dari berbagai jenis, mulai dari Ulos harungguan, Ulos sibolang, ulos bintang maratur, ulos marketer. 

Dari sejumlah jenis ulos yang ditenun, yang menjadi andalan diproduksi kita adalah Ulos Harungguan. Selain harganya tinggi, pasarnya juga sampai ke mancanegara. Jelasnya. (PS/PARDIMAN LIMBONG)
Komentar Anda

Terkini: