Ketua PKK Dairi : Mari Kita Buktikan Ibu-ibu Mampu Menambah Pendapatan Untuk Keluarga

/ Kamis, 02 Juli 2020 / 19.15.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-DAIRI-Tetap melakukan protokol kesehatan ditengah pandemi covid-19 yang masih melanda hingga saat ini, Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi kembali melakukan pembinaan di Desa Silalahi I sebagai desa binaan usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) pada Rabu (01/07/2020). Dalam pembinaan yang dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Silalahi I, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu hadir langsung bersama dengan Plt. Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Dairi Junihardi Siregar serta dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi Kabupaten Dairi.

Dalam arahannya, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi mengatakan pembinaan UP2K oleh PKK Kabupaten Dairi dilaksanakan di Desa Silalahi I karena Desa Silalahi I memiliki potensi yang sangat besar, namun belum dimanfaatkan atau dipergunakan dengan maksimal.“Ini yang harus kita buktikan kepada semua orang bahwa Desa Silalahi I mampu berbuat, ibu-ibunya mampu menambah pendapatan untuk keluarganya,” ujar Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi.

Melalui optimalisasi dan pembinaan terhadap kelompok UP2K ini,tim Penggerak PKK di Desa Silalahi I dapat termotivasi untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan lapangan usaha yang didukung oleh potensi dan kesediaan bahan baku serta teknologi lokal.
Salah satu potensi besar yang dimiliki oleh Desa Silalahi I,adalah tenun ulos yang telah dimasukkan menjadi salah satu program binaan UP2K oleh PKK Kabupaten Dairi. Kecamatan Silahisabungan dengan panorama alamnya yang indah yakni Tao Silalahi yang merupakan bagian dari Danau Toba akan dijadikan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi sebagai destinasi wisata bagi Kabupaten Dairi dimasa mendatang , mengangkat potensi baik itu dari sektor pertanian, alam maupun di sektor pariwisata.

“Disektor alam kita lihat ada ikan yang berlimpah, di pertanian ada bawang merah yang sudah terkenal, sektor pariwisata yakni tenun ulos Silahisabungan yang sedang dikembangkan saat ini dibawah binaan Dekranasda Kabupaten Dairi,” ujar Beliau.
Saat ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi, tenun ulos Silahisabungan telah diperkenalkan ke dalam beberapa event, seperti event Echo Fashion di Belgia dan pameran yang berlangsung di Jakarta pada beberapa waktu yang silam. Dalam beberapa event tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi mengatakan banyak para pengunjung yang mengatakan bahwa tenun ulos Silahisabungan yang merupakan hasil tenunan para penenun Silahisabungan sangat bagus karena tenun ulos yang dihasilkan menggunakan bahan alami yang ada disekitar kawasan Silahisabungan.

“Oleh karena itu, ulos kita masukkan menjadi salah satu program binaan UP2K yang diharapkan akan dapat memberikan hasil untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Kecamatan Silahisabungan khususnya Desa Silalahi I,” ucap Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi.

Sebelumnya, Plt. Kepala Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Dairi dalam sambutannya mengatakan Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi akan melakukan pembinaan secara rutin ke Desa Silalahi I sebagai Desa Binaan UP2K tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mendorong dan memberikan motivasi kepada Tim Penggerak PKK di Desa Silalahi I.

Sementara itu, perwakilan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi Kabupaten Dairi Sabar Pasaribu mengatakan dengan dijadikannya Desa Silalahi I sebagai desa binaan UP2K, maka seluruh potensi yang ada di Desa Silalahi I khususnya dan Kecamatan Silahisabungan pada umumnya akan semakin dikenal oleh kalangan luas. Untuk itu, kepada Kepala Desa Silalahi I Anggiat Sihaloho yang hadir dalam kegiatan tersebut bersama dengan Camat Silahisabungan Hamaska Silalahi agar segera berkoordinasi untuk membentuk tim ataupun keanggotaan UP2K di Desa Silalahi I sehingga pembinaan yang akan dilakukan dapat terlaksana dengan baik.(PS/K.TUMANGGER)

Komentar Anda

Terkini: