Panwaslu Kecamatan Muaratais Lantik PKD Dihadiri Bawaslu Sumut dan Ketua Bawaslu Tapsel.

/ Sabtu, 11 Juli 2020 / 19.19.00 WIB
                        

POSKOTASUMATERA.COM-
TAPSEL-  Pelantikan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Angkola Muaratais, resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan 15 (Lima Belas) anggota panwaslu terpilih tingkat Kelurahan/Desa  dihadiri Komisioner Bawaslu Provinsi Sumatera Utara Johan Alamsyah,SH dan Ketua Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan DR.SL.Simbolon,M.Ag yang  bertempat di aula Kantor Camat Angkola Muaratais, Jumat (10/7/2020).

Ketua Panwaslu Kecamatan Angkola Muaratais Supriadi menyampaikan, Panwas Kelurahan/Desa  dilantik dan di ambil sumpahnya, untuk menjalankan tugas dalam mengawasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2020.

"Kita langsung melakukan bimtek. Materi yang diberikan kepada para peserta terkait metode pengawasan Panwas Kelurahan /Desa, tugas dan wewenang PKD, dan terkait penanganan pelanggaran,” Ujar Supriadi kepada wartawan.

Beliau mengatakan, Panwaslu tingkat Desa dan Kelurahan di Kecamatan Angkola Muaratais terpilih ada 15 (lima belas) orang setelah mereka dilantik sudah resmi bertugas, ucap Supriadi.

Supriadi berharap, kepada PKD yang telah resmi dilantik dan diambil sumpahnya, agar menjalankan tugas dengan sebaik mungkin. Sehingga netralitas petugas di Desa dan Kelurahan  sangat diharapkan.

“Sebetulnya menjadi Panwaslu ini tidaklah mudah, sangat berat karena berkerjanya 6 sampai 8 bulan. Maka dari itu persiapakan dari sekarang, fisik, mental, sebagai modal dasar pengawas adil dan jujur,” jelasnya Supriadi.

Harapan kami  pesan Ketua Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan DR.SL.Simbolon,M.Ag kepada PKD mari kita besarkan dan jaga martabat Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan.

Hal senada juga disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan DR.SL.Simbolon,M.Ag mengatakan kepada awak media online 
Paska dilantik, Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) diminta terus meningkatkan kapasitas. Salah satunya berkoordinasi dengan stakeholder, agar terwujud Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati  Tapanuli Selatan Tahun 2020 yang berintegritas.

“Selamat atas dilantiknya Panwaslu Kelurahan/Desa Se-Kecamatan Angkola Muaratais. Selamat bertugas, kami dari Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan berharap, Panwas Kelurahan/Desa dapat menjalankan amanah ini dengan baik,” kata Simbolon.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan mengatakan 
“Tugas PKD adalah mengawasi tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan Tahun 2020 di Kelurahan/Desa masing-masing.

Usai dilantik, DR.SL.Simbolon mengharapkan PKD dapat membangun soliditas internal serta meningkatkan kapasitas pengawasan dan pemahaman regulasi sebagai modal awal mengawal dan menjaga marwah demokrasi.

“PKD harus membangun komunikasi dan koordinasi yang baik dengan stakeholder di tingkat Desa/Kelurahan maupun membangun komunikasi yang baik terhadap Panwaslu Kecamatan masing-masing. Namun yang paling utama adalah PKD harus menjaga integritas diri.

“Sejak dilantik saudara telah menjadi bagian dari penyelenggara, oleh sebab itu perlu dipahami tentang aturan dan kode etik sebagai penyelenggara”, terangnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Sekretaris Bawaslu Kabupaten Tapsel Salman Paris Harahap, Anggota DPRD Kabupaten Tapsel Eddi Aryanto, Danramil Batang Angkola Kapten Inf. Zamril, Bhabinkamtibmas Polsek Batang Angkola, Camat Angkola Muaratais A. M Fadhil Harahap. S.IP. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: