Pemdes Hutabaru Siagian Sambut Baik Program Kampung Tangguh

/ Rabu, 22 Juli 2020 / 22.39.00 WIB
                       


POSKOTASUMATERA. COM-
TAPSEL- Pemerintah Desa (Pemdes) dan Masyarakat Hutabaru Siagian sambut baik program Kampung Tangguh yang dicanangkan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) lewat Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) dan disosialisasikan langsung oleh Tim Polsek Batang Toru pada Selasa malam, (21/7) di Kantor Desa tersebut.

Bripka Rahmad Hidayat Harahap selaku Bhabinkamtibmas dari Polsek Batang Toru mengatakan, bahwa Kampung Tangguh merupakan program inovasi bersifat binaan yang dicanangkan oleh Polri dimasa pandemi Covid-19 yang bertujuan mengajak masyarakt untuk terlibat dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan menyiapkan sumber daya yang siap bertahan menuju era New Normal.

"Program Kampung Tangguh dibentuk guna mewujudkan beberapa target yang telah dirumuskan diantaranya Tangguh Ketahanan Pangan, Tangguh Kesehatan dan Tangguh Keamanan,"ujarnya.

Dalam pelaksanaannya tentu mengutamakan kerja sama semua pihak terutama elemen masyarakat yang bersifat gotong royong, kami menilai bahwa Desa Hutabaru Siagian berhasil menerapkan pola gotong royong dalam memajukan desa. Hal ini sangat penting untuk keberlangsungan dan terealisasinya program-program yang ada, sebut Rahmad.

Untuk itu kami mengajak masyarakat untuk mendukung program Kampung Tanggu yang akan dibuat di desa ini, karena tanpa pastisipasi masyarakat program tidak akan berjalan, ajaknya 

Muchlis Pohan selaku Kepala Desa Hutabaru Siagian menyambut baik dan mendukung penuh atas program Kampung Tangguh yang akan dibentuk di Desa tersebut dan membenarkan apa yang telah disampaikan oleh Bhabinkamtibmas terkait budaya asli masyarakat Indonesia "Gotong Royong"  yang masih bertahan di Desa yang ia pimpin.
"Benar, Desa Hutabaru Siagian merupakan salah satu Desa yang masih mempertahankan sifat "Gotong Royong" dalam memajukan Desa. Kita selalu mengajak masyarakat untuk bersama-sama memajukan Desa, karena tanpa masyarakat kita tidak tahu mau jadi apa desa ini kedepan,"ujarnya.

Melalui gotong royong diharapkan mampu menjadi sarana dalam meningkatkan solidaritas dan penyambung silatuhrami antar warga, sehingga masyarakat merasa nyaman dan dibutuhkan dalam memajukan desa karena hal ini merupakan tanggung jawab bersama, pungkas Muchlis.

Dengan adanya program Kampung Tangguh, pihaknya berharap agar Tim Polsek Batang Toru lewat Bhabinkamtibmas tidak setengah hati dalam melakukan pembinaan dan mewujudkan Kampung Tangguh tersebut, harapnya.

Berdasarkan musyawarah Desa disepakatilah bahwa Desa Hutabaru Siagian diberi nama "Kampung Tangguh HASIAN". Semoga dengan program tersebut dapat membawa perubahan yang signigikan terhadap kemajuan desa, tutup Muchlis.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Desa Huta Baru, Bhabinkamtibmas, BPD, Mahasiswa KKL IAIN dan Masyarakat.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: