Usai Diperiksa KPK, Bupati Labura ‘Ngacir’ dari Wartawan

/ Kamis, 16 Juli 2020 / 16.05.00 WIB

DITUMPANGI: Kendaraan yang ditumpangi Bupati Labura KSS keluar dari Mako Polres Labuhanbatu usai diperiksa Penyidik KPK. Sementara mobil dinasnya hanya dikendarai supir. POSKOTA/RICKY FAERDINAL.

POSKOTASUMATERA.COM-RANTAUPRAPAT-Ada pemandangan lucu usai pemeriksaan Bupati Labuhanbatu Utara (Pabura) KSS di Mako Polres Labuhanbatu.


KSS yang diperiksa, Kamis (17/6/2020) sejak pagi sebagai saksi atas korupsi DAK yang telah menetapkan Yaya Purnomo sebagai terpidana, pada siang pukul 15.15 WIB ‘ngacir’ dari kejaran wartawan yang berupaya mengkonfirmasinya.

Sejak diperiksa di ruang Satuan Reskrim Polres Labuhanbatu, sekitar pukul 10.00 WIB pengawalan memang cukup ketat. Tak satupun wartawan diizinkan mendekat. Petugas kepolisian yang  berja mengaku atas perintah pimpinannya tanpa menyebutkan nama.

Usai diperiksa, KSS keluar langsung mengendarai mobil Innova plat kendaraan umum sedangkan mobil dinasnya menyusul kemudian diduga guna mengelabui wartawan. “Aduh kena jurus ngacir saya bang. Tak bisa wawancara jadinya,” kata salah seorang wartawan yang sejak pagi menunggu KSS di depan Mako Polres Labuhanbatu.

Hingga berita ini ditayangkan belum diperoleh konfirmas dari Bupati Labura KSS atas materi dan jawaban atas pemeriksaan dirinya. Juga tak didapat keterangan kapasitas dirinya dengan perkara yang didalami Komisi Anti Rasuah ini.

Diketahui Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Kamis (16/7/2020) memeriksa Bupati Labura KSS sebagai saksi terkait pengembangan korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK).

KSS diperiksa atas pengembangan korupsi yang telah menetapkan Yaya Purnomo menjadi terpidana di Pengadilan Tipikor beberapa waktu lalu.

Juru Bicara KPK RI Ali Fikri, Kamis (16/7/2020) membenarkan hal itu. Dijelaskannya, pemeriksaan itu dalam rangka melengkapi pengumpulan alat bukti perkara yang sedang dilakukan penyidikan oleh KPK di Labura.

“Hari ini Kamis, 16 Juli 2020, bertempat di Polres Labura, penyidik KPK benar memeriksa sejumlah saksi antara lain Bupati Labura, bbrp PNS Kab. Labura dan beberapa pihak swasta untuk dikonfirmasi dan diperiksa penyidik terkait pengetahuan para saksi mengenai dugaan korupsi yang masih dalam proses penyidikan ini,” terang Jubir KPK RI via Whats App nya.

Dia mengaku akan terus menyampaikan perkembangannya. “Perkembangannya akan kami infokan lebih lanjut,” tulisnya.

Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat dihubungi wartawan, Kamis (16/7/2020) membenarkan penggunaan ruang instansi yang dipimpinnya untuk pemeriksaan bagi saksi oleh Penyidik KPK RI. “Ya benar mas, kita berikan ruangan di Polres dalam pemeriksaan penyidik KPK atas saksi-saksi. Kita terus back up para penyidik KPK ini,” katanya yang mengaku lagi mengikuti kegiatan di Medan.

Sebelumnya, Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI menggeledah rumah dinas Bupati Labura Khairudin Syah Sitorus di Aek Kanopan Kab. Labura, Rabu (15/7/2020). Kehadiran komisi anti rasuah ini untuk memburu bukti tambahan guna pengembangan dugaan korupsi Dana Alokasi Khusus atas terpidana Yaya Purnomo. (PS/IRFANDI/RICKY FAERDINAL)



Nih 2 Video saat Bupati Labura keluar dari Mako Polres Labuhanbatu.......

1. Mobil berplat hitam yang ditumpangi 


 2. Mobil Dinas Bupati Labura yang hanya dikemudikan supir



Komentar Anda

Terkini: