Bupati Dairi : Bangsa Yang Besar Adalah Menghargai Pahlawannya

/ Selasa, 18 Agustus 2020 / 18.14.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-DAIRI-Sebanyak 36 orang para ahli waris pejuang kemerdekaan Kabupaten Dairi menerima tali asih dari Pemerintah Kabupaten Dairi yang diserahkan langsung oleh Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dan Wakil Bupati Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing, SH pada Selasa (18/8/2020). Penyerahan tali asih tersebut dilaksanakan dalam acara ramah tamah bersama dengan keluarga ahli waris pejuang di Balai Budaya Sidikalang.

Bupati dalam sambutannya, kita perlu mengenang dan mengingat kembali sejarah perjuangan bangsa kita, khususnya para pejuang bangsa dan para pahlawan di dalam menggapai cita cita perjuangan kemerdekaan negara Republik Indonesia yang dialami langsung oleh sanak saudara dari keluarga kita.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya. Presiden Indonesia Bung Karno mengatakan jangan pernah melupakan sejarah. Ungkapan ini menggambarkan betapa pentingnya sejarah dalam kelanjutan bangsa karena kemerdekaan RI tidak terlepas dari jasa-jasa para pahlawan yang telah merebut, mengorbankan jiwa dan raga untuk kemerdekaan yang bisa kita rasakan saat ini.

Disebutkan lag,Pemerintah Kabupaten Dairi selalu berusaha memperhatikan seluruh lapisan masyarakat khususnya para Veteran dan Ahli Waris para pejuang kemerdekaan di Kabupaten Dairi. Khusus untuk Veteran,dan mengadakan kunjungan sosial dan pemberian tali asih pada beberapa waktu yang lalu.

“Saya sendiri berkesempatan untuk menerima beberapa anggota Veteran di kantor Bupati dan memberikan langsung tali asih tersebut,” ucapnya.

Acara pemberian tali asih seperti yang dilaksanakan pada saat ini,seharusnya dilakukan pada malam resepsi kemerdekaan 17 Agustus, namun akibat kondisi pandemi covid-19 yang sedang melanda kita semua maka pemberian tali asih dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2020. Hal tersebut,sesuai dengan arahan Presiden Indonesia Joko Widodo dimana seluruh rangkaian acara dibuat secara sederhana dengan kemeriahan yang tetap, antusiasme masyarakat yang tetap tinggi, kreatifitas dan inovasi juga tetap dan sesuai dengan protokol kesehatan yang aman dari covid-19.

Tema perayaan HUT kemerdekaan RI ke-75 adalah Indonesia Maju dan dan tema tersebut sejalan dengan visi Pemkab.Dairi yakni Mewujukdan Dairi Unggul yang mensejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman.

Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang hendaknya perlu terus ditumbuh kembangkan dalam hati sanubari dan penghargaan terhadap para ahli waris pejuang kemerdekaan tidak berhenti sampai di sini dan tetap berkesinambungan sebagai rasa penghargaan kita terhadap jasa dan pengorbanan para pahlawan ungkap Bupati.

Turut hadir dalam pemberian tali asih tersebut Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi Antonius Sinaga dan perwakilan dari Dinas Sosial Kabupaten Dairi.(PS/K.TUMANGGER)

Komentar Anda

Terkini: