Dua Unit Rumah Ludes Terbakar Di Kota Padangsidimpuan

/ Minggu, 09 Agustus 2020 / 14.53.00 WIB
                         

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN-  Sijago Merah mengamuk dua unit rumah di Jln Jend Sudirman, Lingk I, Kel Wek I, Kecamatan Psp Utara, masing-masing milik, Sabar Effendi (68) dan Muliadi (43), ludes terbakar dilalap sijago merah, Minggu (9/8) Informasi yang berhasil dihimpun  , penyebab terjadinya kebakaran di dua rumah yang saling bergandengan itu diduga akibat hubungan arus pendek listrik

Pada peristiwa itu penghuni rumah yang terbakar itu sampai harus meloncat dari loteng untuk menyelamatkan diri.

Peristiwa itu terjadi pada  diperkirakan waktu pukul 04.15 sampai 05.10 Wib. Berawal dari rumah milik Sabar Efendi (68) yang tinggal di dalam bersama anaknya Erdi Razali (23). Rumah mereka berlantai dua, dengan loteng berkonstruksi kayu. Di lantai dua itu, merupakan kamar Erdi Razali



Di rumah bernomor 215 B itu selain barang berupa pakaian, peralatan rumah tangga juga ada kendaraan berupa becak bermotor. Dan Efendi Sabar yang memiliki kamar tidur di lantai satu. Posisi rumah ini berdempetan dengan rumah Muliadi (43) bernomor 213b, yang biasa dijadikan pemiliknya hanya persinggahan.

Di pagi buta itu, api terlihat dengan cepat membubung dari loteng rumah Efendi Sabar. Dari loteng itu juga, anaknya Erdi Razali melompat keluar, dan berusaha mencari pertolongan ke tetangga dan warga sekitar. Namun api begitu cepat menggerogoti rumah mereka, juga merambat ke rumah milik Muliadi, hingga keduanya hanya menyisakan puing-puing

"Dari sana dulu, dari atas, pas api itu sudah besar, anaknya (Erdi) lompat dari loteng. minta tolong, tapi dia tidak luka, setahu saya tidak ada korban luka. Karena tadi dia di sini, sehat-sehat aja," terang R Damero yang menyaksikan rumah itu terbakar, dan berada di teras rumahnya.

Rumah milik Muliadi sendiri pada pagi itu tengah kosong. Namun barang-barang yang berada dalam rumah itu sebagian besar sudah hangus dijilati api yang mengganas.

"Rumah ini sama sama punya loteng. Tapi kalau yang ini (Muliadi) biasa diisi siang, sekedar singgah aja. Karena mereka tinggal di rumahnya yang satu lagi," terang Damero.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Kota Padangsidimpuan AKP Bambang H Tarigan menerangkan, bila Sabar Efendi saat awal peristiwa itu sudah keluar rumah dan mengetahuinya saat akan berangkat salat subuh.

"Pada saat korban ingin sholat dan melihat api dari atap kamar rumahnya api menyala begitu cepat atas kejadian ianya keluar rumah dan meminta tolong kepada masyarakat di sekitar rumahnya dan begitu cepat api menyala sehingga api besar dan api merebet ke rumah korban Muliadi," katanya menjelaskan bila kerugian ditaksir mencapai Rp 250 Juta.

Korban saat ini masih mengungsi di rumah kerabatnya. Sementara dalam perisriwa ini, ada tiga unit armada Pemadam Kebakaran yang turun dalam upaya mencegah melebarnya dan memadamkan api di lingkungan yang tergolong padat penduduk itu.
(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: