FABB Subsidi Seluruh Anggota Untuk Biaya BPJS Ketenagakerjaan

/ Sabtu, 01 Agustus 2020 / 15.32.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-BELAWAN-Forum Anak Belawan Bersatu (FABB) yang merupakan komunitas berbasis sosial kesejahteraan masyarakat di Kota Belawan menggandeng pihak BPJS Ketenagakerjaan  untuk melaksanakan program subsidi perlindungan asuransi bagi para anggota secara keseluruhan, baik bagi anggota yang bekerja di sektor formal maupun informal.

Sebagai langkah awal FABB mengundang pihak BPJS Ketenagakerjaan untuk berdiskusi secara terbuka bersama para anggota melalui sosialisasi tentang manfaat program asuransi ketenagakerjaan, yang berlangsung pada hari rabu, tanggal 1 Agustus 2020 bertempat di kafe “Kede Kongshi” Jalan Veteran Belawan.

Program subsidi BPJS Ketenagakerjaan yang di lakukan FABB ini selain bersifat memberikan jaminan perlindungan kecelakaan kerja terhadap pengurus dan anggota, juga bertujuan untuk memperkuat rasa kebersamaan sebagai modal utama bagi organisasi dalam menindaklanjuti program – program kerja FABB yang lebih krusial dan prinsipil demi kesejahteraan masyarakat belawan secara umum dan lebih luas.

Saat dikonfirmasi, Ketua Umum FABB Dedi Satria Ainal ATT.III menjelaskan, program ini bersifat antisipasif bagi seluruh anggota dalam hal penanganan bila terjadi kecelakaan saat bekerja.

"Karena kita tidak dapat memprediksi takdir dan ketentuan dari Allah SWT, yang bisa kita lakukan adalah bagaimana menyikapinya. Kita berusaha keras untuk memberikan subsidi kepada seluruh anggota dalam membayar premi angsuran setiap bulannya, masalah anggaran biayanya akan kita kumpulkan baik dari donasi personal maupun usaha – usaha lain yang tentunya tidak bertentangan dengan hukum di negara ini, yang jelas kami tidak ingin anggota kami menghadapi kendala dalam hal pembiayaan rumah sakit bila terjadi fatality saat bekerja," ucap Dedi Ainal dengan tegas.

Satu hal yang positif lainnya adalah BPJS Ketenagakerjaan juga akan mengcover bila kecelakaan kerja yang sampai menimbulkan kematian.

"Tentu kita tidak menginginkan hal itu terjadi kepada seluruh anggota kita, namun bila hal itu harus terjadi, setidaknya keluarga dari anggota kita bisa sedikit mendapat keringanan karena memperoleh biaya santunan sebesar 48 bulan gaji, biaya pemakanan hingga beasiswa pendidikan bagi 2 (dua) orang anak hingga kuliah di perguruan tinggi," timpal Adli Azhari selaku Sekretaris Jendral FABB.

Diakhir sesi sosialisasi, Dedi Ainal mengutarakan, program BPJS ketenagakerjaan saat ini sudah mengalami perubahan regulasi  yang cukup baik dan memberikan manfaat yang besar bagi para peserta yang mengikuti program ini.

Oleh karena FABB  dalam waktu dekat ini akan menginventarisir dan membuat data base keanggotaan.

"Sehingga kita bisa tahu, mana anggota kita yang bekerja di sektor formal, maupun di sektor informal, kemudian secepat mungkin akan mendaftarkan anggota FABB untuk menjadi peserta jaminan sosial Ketenagaakerjaan," ujarnya.

Ini juga sekaligus bersifat untuk menggugah para pihak Perusahaan dan pengusaha yang ada di Belawan ini. "Agar tinjauan usaha mereka jangan hanya bersifat untuk mengambil keuntungan saja tanpa memperkuat jaminan penanganan bila terjadi kecelakaan dan kesejahteraan para pekerjanya, apalagi sebagian besar pekerja mereka adalah warga Belawan," terangnya.
(PS/SAMSUL HASIBUAN)
Komentar Anda

Terkini: